May 8, 2019

Belanja Cerdas, Anti Boncos Saat Ramadhan

Anti Boncos Saat Ramadhan, Bagaimana Caranya?

Hayo, siapa disini yang saat menyambut bulan ramadhan malah bingung bin galau karena merasa pengeluarannya bakalan naik? Alhamdulillah sudah beberapa kali ramadhan, di rumah yang berpuasa hanya saya, suami dan abang Rafasya. Berhubung pak Suami jarang banget bisa buka puasa di rumah, jadi tentunya yang buka puasa ya hanya saya dan Rafa. Buka puasa kami pun sejak kurang lebih 3 tahun terakhir sudah nggak yang heboh dengan beragam makanan. Kurma, air putih dan es buah tanpa gula selalu jadi teman baik. Gampang dan cepat. Paling kalau abang Rafa lagi pengen bolehlah sesekali beli cemilan yang banyak dijual.



Tapi untuk sahur saya lumayan agak ekstra. Karena anak bujang dan pak suami harus digugah seleranya agar semangat makan sahur. Menu andalan tentu saja potongan buah segar dan sayur tumis yang juga mudah persiapannya. Selain itu ayam goreng dan tahu - tempe jadi menu wajib di meja makan. Ikan dori goreng tepung juga jadi andalan untuk membuat abang Rafa makan dengan lahap. Meski abang Rafa sih nggak masalah lauknya apa saja. Anak ini memang penggemar no 1 masakan mamaknya yang standar. Haha..



Masalah yang biasanya muncul saat bulan puasa itu apa sih? Harga - harga pada naik. Ya kan? Nah sebagai seorang mamak, saya harus pintar - pintar mencari harga yang paling pas di kantong. Menurut mbak Ligwina, kita itu harus bisa membedakan antara pengeluaran rutin dan pengeluaran tahunan. Seharusnya pengeluaran rutin dibiayai dari pemasukan rutin seperti gaji bulanan. Pengeluaran tahunan pun seharusnya dibiayai dari pemasukan tahunan seperti THR atau bonus. Jangan sampai tumpang tindih dan mengakibatkan arus kas jadi berantakan.

Begitu pula saat bulan puasa. Biasakan menggunakan uang sesuai untuk porsinya. Menurut mbak Ligwina juga, ada beberapa tipe pengeluaran yang kita lakukan.  Pengeluaran itu terbagi atas :

1. Pengeluaran rutin misalnya belanja bulanan
2. Pengeluaran lifestyle misalnya bukber
3. Pengeluaran sosial misalnya sodaqoh

Sudah terbayang kan ya banyaknya pengeluaran yang akan terjadi di bulan puasa ini. Yang namanya jadwal bukber saja tampaknya sudah padat merayap dari sejak sebelum bulan puasa. Ada bukber SD, SMP, SMA, Kuliah, Kantor A, Kantor B, Ibu - ibu sekolah anak pertama, anak kedua daaannn seterusnya. Makin banyak kan pundi - pundi yang harus disiapkan. Saran saya sih 1 saja supaya nggak pusing, nggak usah datangs emuanya supaya adil. Haha..

Nah, berkaitan dengan harga bahan makanan yang netah kenapa favorit banget naik saat bulan puasa, saya mau bagi - bagi tips belanja nih. Supaya nggak bingung kita bagi menjadi 4 bagian ya.

1. Untuk kebutuhan dapur harian, mampirlah ke Giant
Mentemen ingin cari telur, minyak, ayam kampung, mi dan teman - temannya atau bumbu dapur dan urusan lain yang berkaitan dengan urusan rumah tangga, Giant adalah tempatnya. Karena selama bulan Ramadhan ini Giant memiliki banyak sekali promo.



2. Ingin bahan baku yang lebih premium, mlipir deh ke Hero
Kalau mencari kurma yang premium, daging wagyu atau roti - rotian yang kekinian seperti quiche kurma misalnya. Hero adalah tempat yang tepat untuk anda kunjungi.



3. Mencari perabotan rumah atau printilan gemas, langsung saja kunjungi IKEA
Siapa sih yang nggak kenal dengan lorong heits IKEA? Rasanya semua orang yang mampir ke IKEA langsung mandatory berpose di lorong tersebut. Perabotan rumah yang ada di IKEA pun sukses banget membuat semua yang hadir hampir pasti berbelanja disana. Ya kan? Jujur deh. Entah hanya bunga setangkai atau tempat sampah lucu sampai ke pengocok telur. Di bulan ramadhan kali ini IKEA juga punya promo yang menggiurkan.




4. Urusan suplemen dan kecantikan, belok saja ke Guardian
Jamaah +1000 dapat 2 mana suaranyaaa? Hahaha. Termasuk saya nih salah satu jamaahnya. Hepi banget kan bisa dapat 2 barang dengan hanya menambah seribu rupiah. Sepanjang bulan puasa ini, Guardian ini memiliki beragam promo. Mulai dari kecantikan sampai suplemen semua ada promonya.



Duh, kalau semua kebutuhan yang kita butuhkan memiliki harga promo berarti selisihnya bisa banget nih untuk sodaqoh. Jadi, mentemen mau ke mana dulu nih? Coba cek kulkas dan lemari persediaan atau perabotan rumah. Mana tau ada yang habis dan perlu diganti, coba cek deh promo yang ada di ke 4 toko di atas. Tapi ingat ya, jangan malah jadi boros. Karena semua pengeluaran harus sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Karena sejatinya bulan puasa adalah pelatihan untuk mengontrol hawa nafsu kita.





Selamat berbelanja dengan pintar ya mentemen.

No comments:

Post a Comment