November 13, 2019

Upaya Hidup Sehat Kami Demi Membersamai Anak Lebih Lama


Hidup Sehat.
Jika mendengar padanan kata tersebut seketika pikiran saya langsung berusaha mengingat - ingat apa saja yang sudah saya konsumsi dan saya lakukan sehari - hari. Alhamdulillah keluarga kami sudah terbiasa untuk sarapan buah sejak 7 tahun yang lalu. Anak - anak pun mulai terbiasa mengkonsumsi buah saat sarapan. Meski mereka biasanya dilanjutkan dengan makanan lainnya. Buah yang kami konsumsi pun beragam. Kalau sekarang tentunya mangga menjadi buah favorit kami. 



Menu sayur pun nggak pernah absen di meja makan kami. Sebagai ibu dari 2 orang anak saya bertanggung jawab untuk mengatur menu sehat di rumah. Hal yang sama pun terjadi saat kami makan di luar. Sayur akan selalu menghiasi meja kami. Suami saya malah sudah berhasil untuk mengurangi nasi. Sepertinya sudah jarang banget ia mengkonsumsi nasi. Kalau saya sih masih belum bisa. Hehe. Makanan seperti salad pun jadi pilihan kami saat makan di restoran. 






Pola makan sehat kami pun mengikutsertakan Jurus Sehat Rimpang yang diperkenalkan oleh Ustadz Zaidul Akbar. Yang paling sering kami konsumsi adalah air jahe sereh, air jahe ketumbar dan air jahe kunyit yang semuanya ditambahkan perasan lemon dan madu. Arsel, anak saya yang paling kecil doyan juga mengkonsumsi air rempah ini. Kalau abangnya sih biasa saja, kalau saya buatkan ia akan meminumnya. Atau saat menginap di hotel biasanya saya akan minum jamu. Yummy. 



Selain menjaga pola makan, saya juga berusaha berolahraga setidaknya seminggu sekali. Masih jauh dari ideal sih ya, beda dengan suami yang seminggu 3x berolahraga. Pengennya sih ditambah lagi olahraganya. Biasanya setiap minggu, entah pagi atau sore, kami sekeluarga akan pergi ke GBK. Suami akan lari sementara saya dan anak - anak berjalan mengelilingi GBK minimal 3 putaran. Biasanya sih 3,5 putaran karena suami sudah selesai lari maka kami pun selesai. Enaknya olahraga di tempat seperti GBK ini anak - anak nggak bosan dan bisa menikmati. Terkadang mereka juga membawa sepeda untuk berganti suasana. 



Dengan semua upaya saya untuk menjaga kesehatan tubuh tersebut nggak serta merta menjadikan saya jadi nggak pernah sakit. Sesekali saya pun mengalami yang namanya batuk pilek atau pusing - pusing. Kalau saya sedang nggak enak badan, yang repot itu bisa satu rumah. Maklum supir, nanny, chef dan guru di rumah tetiba absen ya kan. Haha.. Biasanya obat mujarab saya kalau sedang nggak enak badan itu tidur lebih lama. Namun lebih enak lagi kalau sebelumnya mengkonsumsi minuman rempah. 

Karena sedang nggak enak badan, tentunya saya perlu yang praktis namun tetap sehat. Makanya saya memilih Herbadrink Wedang Uwuh untuk membantu saya menghangatkan badan. Favorit saya sih diminum hangat - hangat. Awali dengan menyeduh dengan air panas dan menambahkan jahe geprek supaya lebih nikmat. Cocok banget juga untuk dinikmati saat hujan seperti cuaca belakangan ini. 



Satu kotak Herbadrink Wedang Uwuh ini berisi 5 sachet yang sangat membantu saya. Karena saya nggak mungkin selalu sedia semua rempah yang ada di dalam wedang uwuh ini. Untuk jahe, sereh dan cengkeh mungkin saya selalu sedia. Tapi untuk kayu secang dan kulit kayu manis tampaknya jarang banget ditemukan di dapur saya. Bahkan mungkin belum pernah. Haha. Makanya saya biasanya membeli satu kotak Herbadrink yang memiliki beragam varian ini jika stok saya habis saat belanja bulanan. Saya pun nggak khawatir mengkonsumsi Herbadrink karena sudah memiliki sertifikat Halal MUI. 




Intinya memiliki hidup sehat itu pilihan yang tersedia bagi siapa saja. Tinggal kitanya mau memilih atau tidak. Saya dan suami sepakat untuk memantau apa saja yang kami konsumsi demi kesehatan kami sekeluarga. Kami juga masih suka cheating, seringnya saat wiken. Biasanya nggak jauh - jauh dari boba, kopi dan cemilan di pusat perbelanjaan. Namun semua harus dikontrol supaya tidak berlebihan dan begitu weekdays asupannya harus kembali dijaga. Semua demi membersamai anak - anak lebih lama. 






No comments:

Post a Comment