Resep Es Buah Untuk Buka Puasa

Assalammualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh mentemen..

Alhadulillah sudah bulan puasa ya. Mentemen biasanya kalau puasa pada bebikinan makanankah? Saya termasuk yang lebih suka bikin sendiri dibandingkan dengan membeli di luaran. Selain untuk memastikan kebersihannya terlebih di masa pandemi Corona ini juga rasanya lebih puas jika bisa membuat sendiri.Namun masakan ataupun kudapan berbuka yang saya buat pun bukan yang susah - susah juga. 

Di rumah kami terbiasa untuk tidak minum sirup, makanya saat puasa pun saya tidak membuat minuman dengan menggunakan sirup? Lalu minuman apa yang biasa kami minum saat berbuka puasa. Selain air putih saya biasanya membuat menu buka puasa yang simple seperti es buah sebagai minuman penyegar setelah seharian berpuasa. Komposisinya tidak memakai sirup namun kami tetap mendapatkan rasa manis yang alami. Karena seperti kita ketahui bersama gula yang terkandung di dalam sirup kan tidak baik ya jika dikonsumsi terlalu banyak. 

Yuk diintip resepnya.

Es Buah Ala Buyu


Es Buah Segar Ala Buyu

Bahan :
Buah apa saja, misalnya :
Semangka
Melon
Timun Suri
Blewah
Pepaya 
Apel 
Pear
Strawberry

Nata de coco tanpa air
Agar - agar plain 
Chia Seeds
Madu 
Perasan Jeruk Nipis

Cara Membuat :
1. Potong - potong semua buah dengan jumlah sesuka hati, masukkan ke dalam wadah
2. Tambahkan nata de coco dan agar - agar
3. Tambahkan air dingin
4. Berikan madu yang sudah dicairkan, hal ini bertujuan supaya madu mudah larut. Karena kalau dituangkan langsung ke potongan buah, madu agak sulit larut karena biasanya buah yang saya potong dalam keadaan dingin.
5. Taburkan chia seeds dan perasan jeruk nipis.

Mudah sekali bukan? Hanya campur - campur dan tanpa sirup. Anak - anak bagaimana? Alhamdulillah mereka suka. Karena memang pada dasarnya saya tidak membiasakan mereka minum sirup. Bahkan gula di rumah saja awet karena nggak pernah membuat teh manis. Hehe..

Es buah bareng abang Rafasya


Semoga bisa menambah ide untuk membuat es buah yang lebih sehat dibandingkan dengan menggunakan sirup ya mentemen.
Selamat berpuasa, semoga Allah menerima semua amal ibadah kita. 
Aamiin.

No comments