Bermain Warna Sambil Berjemur Saat #dirumahaja

Halo Mentemen.
Bagaimana kegiatan #dirumahaja nya selama Pandemi Corona ini?
Kalau saya pagi sampai siang diwarnai dengan kegiatan abang Rafasya yang sekolah online. Disela - sela belajar anak -anak saya ajak berjemur sejenak demi berburu vitamin D gratis. Kemudian menemani abang Rafa mengerjakan tugas,  makan siang, mendengarkan anak - anak bermain plus berantem  :p , ngemil, tidur - tiduran, mendengarkan anak - anak berantem, repeat. Gitu aja terus sampai malam datang dan mereka capek. Haha...

Untuk Sabtu dan Ahad tentunya agak sedikit berbeda karena nggak ada sekolah online. Jadi biasanya anak - anak akan bangun lebih siang kemudian saya dan suami akan mengajak mereka untuk main di luar sembari berjemur. Maklum anak - anak suka nggak betah disuruh berjemur kalau nggak diajak main. Selain bermain sepak bola, main basket, main sepeda atau bermain tentang percobaan. Percobaan apa? Apa saja yang penting melibatkan air. Kuncinya supaya anak - anak anteng berjemur selama setidaknya 15 menit. 



Bagaimana Cara Bermainnya?

Kemarin kami bermain warna menggunakan pewarna makanan yang emang kebetulan sudah ekspired. Sediakan 5 wadah, kemudian isi 3 wadah tersebut dengan air. Tetesi ke 3 wadah berisi air dengan warna yang berbeda - beda. Warna merah, kuning dan biru adalah warna yang kami gunakan saaat bermain kemarin. Kemudian diantara ke 3 wadah sisipkan dua wadah yang kosong. Lalu masukkan tisu pada setiap 2 wadah. Lihat di foto ini ya.



Setelah itu ajak anak - anak untuk mengamati bagaimana air yang sudah ditetesi pewarna itu akan bergerak melalui tisu kering tadi. Seru lho. Anak - anak heboh banget saat melihat air berwarnanya mulai bergerak. Mereka semakin senang saat air dari warna kuning dan merah akan bertemu di wadah yang kosong. Karena apa? Karena ternyata airnya berubah menjadi orange. Tentunya anak - anak melanjutkan eksperimennya dengan mencampurkan semua warna di satu ember. Sementara playgroundnya di rumah dulu ya anak - anak. Haha..






Seru deh pokoknya. Lumayan banget lho anak - anak bermain mencampur warna ini bisa bertahan selama 45 menit. Sampai basah banget deh pokoknya. Jadi cuss langsung belanja online pewarna makanan. Karena kan kita lagi #dirumahaja . Atau bisa juga dilist untuk dibelikan saat nanti waktunya belanja. Ingat belanjanya jangan ramai - ramai sekeluarga ya, satu orang saja yang pergi. 



Yuk bermain warna sambil berjemur.

No comments