September 30, 2015

Cita Rasa Pulau Bali - Lombok bersama Signature Restaurant


Sama seperti tahun lalu, tahun ini saya kembali mengikuti Festival Makanan yang diadakan oleh Signature Restaurant - Hotel Kempinski Jakarta. Tahun ini tema yang diusung adalah 5 Pulau dalam 5 Minggu. Sudah bisa ditebak ya bahwa ini adalah acara untuk memperkenalkan lebih jauh pada masyarakat mengenai makanan apa saja yang ada pada 5 pulau tersebut. 


Pulau yang diangkat pada acara kemarin adalah Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Bali. Karena jumlah pulaunya ada 5 maka dibagi dalam 5 minggu. 
Sumatra : 5 - 11 Agustus
Jawa : 12 - 18 Agustus
Bali - Lombok : 19 - 25 Agustus
Kalimantan : 26 - 1 September
Sulawesi - Maluku : 2 - 8 September




Kemarin saya mendapat kesempatan untuk hadir pada jadwal masakan Bali - Lombok. Ada beberapa masakan khas Bali yang disajikan di luar buffet makanan yang ada. Semuanya begitu menggoda dan memanggil - manggil untuk diambil. Akhirnya ada beberapa masakan yang sukses pindah ke perut saya. Jejeruk Ayam, Srombotan, ikan Nyatnyat, Sate Lilit dan pisang Rai adalah salah 5 menu masakan yang sempat saya coba.





Pisang Rai siram Gula Aren

Rasa semua masakannya cukup enak. Ayam yang disajikan pada menu Jejeruk Ayam memiliki tekstur yang empuk , sate Lilit dan srombotannya juga hadir dengan tekstur yang pas. Namun saya merasa bahwa bumbu yang diberikan kurang 'keras' . Jadi kurang menghadirkan citarasa masakan Bali seperti yang biasanya saya santap. Memiliki darah Bali membuat saya lumayan sering makan masakan Bali.  Saat menyantap makan siang saya kemarin, kami juga disuguhi oleh hiburan Tari Kecak Modern. 


Setelah selesai menyantap makan siang, saya pun bergerak mengambil menu desert selain dari menu Bali Lombok. Tak lama kemudian Chef yang memasak semua masakan Bali - Lombok pun datang menghampiri meja kami. 


Dari perbincangan dengan Chef Ketut Sumerata, saya mendapatkan pengetahuan bahwa masakan yang dimasak adalah yang berasal dari Bali Utara. Tepatnya daerah Singaraja. Wah.. Pas sekali ya dengan kampung halaman ayah saya yang asli Singaraja. Sebelumnya saya belum pernah nyoba-nyoba Jejeruk Ayam lho.. Chef Ketut juga memberi tahu bahwa soal rasa dan kepedasan memang agak diturunkan dari yang biasa. Pertimbangannya adalah agar pengunjung restoran yang bukan orang Indonesia bisa menikmati masakan Bali - Lombok tersebut. Terjawablah rasa heran saya saat menyantap masakan tersebut.


Secara keseluruhan, saya senang sekali bisa kembali hadir di Signature Restaurant. Kalau boleh memberi masukan, mungkin jika saat ada acara seperti ini semua menu manakan yang sedang dijadikan tema diletakkan dalam satu meja. Jadi pengunjung dapat melihat dengan jelas semua jenis masakan tersebut. Yang pasti hadir di Signature Restaurant dan menyantap masakan Bali,membuat saya ingin balik lagi ke Bali. 



Terima Kasih Signature Restaurant Hotel Kempinski.


Weekday brunch Rp 265.000++/ pax
Wekend brunch Rp 360.000 ++/ pax
All week dinner Rp 285.000++ / pax
Reservation 021.23583898




4 comments:

  1. sate lilitnya pasti mancap ya mak,, berasa bali banget dong ya,, kalau disuguhi dengan tarian kecak modern.. #jadiLaper

    ReplyDelete
  2. wah pas banget dong kebagian masakan Bali ya

    ReplyDelete
  3. wah, makanannya kyknya enak2 tuh.. gagal pokus baca malah liat gambar makanannya.. hehe

    ReplyDelete
  4. macaroonnya... ajib banget kelihatannya

    ReplyDelete