November 27, 2014

Rafa dan Allah (Saat si kecil bertanya tentang Tuhannya )

Akhir -akhir ini Rafa sering banget bertanya tentang Allah. Terdengar simple memang, tapi membuat saya harus berpikir keras saat ia tiba - tiba muncul di hadapan saya dan bertanya. Beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca postingan seorang teman di sosmed miliknya tentang anaknya berusia 5 tahun dan bertanya mengenai Allah. Saat itu saya berpikir, oke pada saat Rafa berusia 5 tahun saya dan suami harus siap dengan pertanyaan- pertanyaan kritis yang diajukannya. Meski begitu, saya tetap mencari tahu lewat om Google bagaimana menjawab pertanyaan tentang Allah itu. Meski membacanya sekilas, ada beberapa poin yang sempat nyangkut di kepala saya dan saya gunakan sebagai bekal jika Rafa bertanya 'nanti'. Ternyata untuk saya dan suami, 'nanti' itu datang lebih cepat. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sempat diajukannya pada saya.

1. Bunda, Memangnya Allah itu ga suka ya kalau Rafa usil?

Kalau Rafa usianya sampai membuat temannya celaka ya tentunya Allah nggak suka. Tapi kalau sedang bermain dan bercanda sama teman ya nggak papa. Kalau temannya sudah nggak suka berhenti ya nak. 

Iya Bunda 

Dan akhirnya berlanjut dengan pertanyaan apa itu celaka? Apa bedanya dengan kecelakaan? Glek.

2. Memangnya Allah itu sukanya sama orang baik aja ya?
Allah itu sayang sama semua orang Rafa , tapi tentu saja Allah lebih suka kalau kita berbuat baik. Rafa suka nggak kalau dijahatin sama temannya?

Nggak Bunda

Tapi Rafa tetap sayang kan sama temannya?

Iya

Nah Allah itu seperti itu. Itu namanya Allah punya sifat Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

Dan akhirnya berlanjut dengan pertanyaan Maha itu apa sih bunda? Dududududu..

3. Terus nanti orang jahat itu diapakan sama Allah?
Semua orang yang melakukan sesuatu pasti akan dibalas Nak. Kalau orang baik, nanti akan disayang Allah. Kalau orang jahat pasti nanti akan dihukum sama Allah. Tapi kalau dia menyesal dan minta maaf, Allah insya Allah memaafkan.

Sama kaya Rafa ya minta maaf kalau habis berantakan mainan?

Haha... Iya nak..

Lanjutan pertanyaannya? Kenapa Allah itu baik ya Bunda? Isshhhh....pertanyaan yg lsg bikin emaknya nyaris mewek karena inget dosa.

4. Allah itu dimana sih bunda?
Karena udah baca2, entah bener apa nggak yg dibaca itu, jd jawabnya begini

Allah itu ada dimana - mana Rafa. 

Kenapa ada dimana - mana bunda?

Karena Allah itu selalu jagain Rafa.

Ooo, jd klo Rafa lg main, lg makan es krim, lg jalan - jalan sama Ayah Bunda, lagi beli mainan ( lho kok smua aktivitas yg enak- enak aja yang diingat ya?) Allah selalu jagain Rafa ya?

Iya nak.

Terus Allah nggak capek emang ya? Hmmmm

Berlanjut dengan kata - kata Kenapa Rafa nggak bisa lihat Allah bunda ?

Kemudian hening.. 
Emaknya melambaikan bendera putih minta break sejenak saya bisa googling.





Rafasya Warman
3 tahun 3 bulan


Kalau ada yg bisa memberikan referensi bacaan apa pun, saya menerima dengan senyum lebar. Hihi..