Manfaat Tertawa Bagi Manusia (Plus Tips membuat Konten dari Ardit Erwandha)

Bismillah.

Hi mentemen. Mau nanya nih, sudah tertawakah hari ini? Kalau sudah kece deh. Karena sadar atau nggak terkadang dalam menjalani kehiduoan sehari - hari kita bisa saja terlalu serius sampai - sampai nggak sempat tertawa. Ah masa sih? Iya lho. Ada saja orang yang terlalu serius dan jarang tertawa. Mungkin memang kesehariannya jarang berinteraksi dengan orang lain atau memang pembawaan pribadinya yang serius. 

Padahal tertawa itu banyak sekali lho manfaatnya. Nggak percaya? Tertawa merupakan fitrah manusia yang diberikan oleh Allah. Dari beberapa artikel yang saya baca, tertawa dapat meningkatkan kesehatan emosional. Karena saat tertawa akan ada beberapa hormon bahagia yang dihasilkan. Seperti serotonin, endorfin dan dopamin secara bersamaan akan dilepaskan saat kita tertawa. Saat semua ini terjadi maka manfaat tertawa pun akan kita adapatkan, yaitu  

1. Perasaan kita akan merasa nyaman

Dengan perasaan nyaman tentunya kita akan menjadi lebih rileks dalam menjalani hidup setalahnya.

2. Suasana hati meningkat 

Rasa bahagia yang hadir saat kita tertawa juga akan meningkatkan suasana hati. Pasti pernah deh mengalami momen dimana setelah ada kejadian lucu suasana hati kita jadi lebih baik. 

3. Menurunkan stress

Turunnya tingkat stress saat tertawa akan menyebabkan kekebalan tubuh kita meningkat.

MasyaAllah ya banyaknya manfaat tertawa. Suatu aktivtas yang terkadang kita fikir sepele ternyata Allah hadirkan banyak manfaat dengan tertawa. Saya menyadari bahwa saya sering sekali tertawa karen tingkah polah anak-anak saya. Ya gaya mereka, ekspresi, celetukan bahkan saat mereka tidur saja saya bisa tersenyum dan tertawa. Hihi.. Alhamdulillah.




Sejak pandemik ini disadari atau tidak, kondisi pikiran dan keadaan kita sangat memungkinkan untuk terjadinya stress. Bisa jadi ada yang stress karena harus #dirumahaja , stress karena kondisi ekonomi yang berkurang, stress karena khawatir tentang covid 19 atau mungkin stress karena harus menemani anak Sekolah Online. Eh itu saya sih yang kadang - kadang gemas. Haha. Ada jugakah buibu yang gemas saat anaknya sekolah online? Kenapa sih anak saya ini malah gak fokus? Kenapa sih anak saya ini malah sibuk main pensil? Atau bentuk kenapa yang lainnya saat sekolah online berlangsung. Nah kita sebagai buibu harus bisa mencari cara supaya tetap waras.

Terkadang saya suka melihat beberapa video lucu anak - anak yang tersimpan di HP. Melihat akun video lucu, membaca buku supaya lebih rileks atau sekedar menonton tayangan televisi tentang mendekor rumah sambil mengkhayal nanti akan saya aplikasikan dimana di rumah saya. Ya kurang lebih beberapa hal ini yang saya lakukan untuk menyegarkan pikiran. Hihi..

Selain itu berselancar di gadget tentunya menjadi pilihan saya. Yang paling sering dilakukan adalah membuka Instagram dan Pinterest. Nggak sampai tertawa tapi ada banyak hal yang membuat saya tersenyum dan hati jadi hangat plus bahagia. 




Namun ada yang berbeda pada Rabu malam kemarin. Saat sedang membuka Instagram ternyata sedang ada ngobrol bareng @arditerwandha dengan Topik : Resep Bahagia Lewat Tertawa. Ternyata acaranya seru sekali. Nggak hanya ngobrol santai dan tertawa bareng, tapi juga ada asah otaknya. Yang kemarin dilakukan adalah dengan main tebak - tebakan. Selain main trebak - tebakan juga ada sharing yang dilakukan sepanjang Live kemarin. 

Ada beberapa tips dari Ardit yang bisa saya tangkap kemarin dan bisa banget diaplikasikan di sosial media kita, di antaranya adalah 

1. Masalah yang kita hadapi bisa menjadi materi

Nah ini juga kejadian di saya nih. Ada banyak hal yang saya tuliskan di blog diawali dari masalah yang saya hadapi. Seperti misalnya beruntusan di pipi Arsel atau mencari kitchen sink. Kedua hal ini berawal dari permasalahan yang saya hadapi baru saya jadikan tulisan di blog.

2. Buatlah konten yang kita sukai

Tentunya saat akan membuat konten di sosial media, kita harus menyukai konten tersebut. Jika kita nggak suka makanan A ya jangan membuat postingan tentang makanan A. Karena hasilnya akan dipaksakan dan tidak alami. Kalau saya sih kebetulan semua makanan tampaknya doyan, makanya IG saya di @jadeayu isinya banyak foto makanan. 

3. Bisa membaca situasi

Hal ini rasanya sangat penting untuk bisa dipahami oleh semua pegiat sosial media. Saat ada situasi yang sedang happening biasanya akan banyak orang yang membuat tentang konten tersebut. Namun kita harus pandai membaca situasi dan bijak dalam membuat konten. Jangan hanya karena mengejar like atau subscriber akhirnya kita membahas sesuatu yang di luar ranah kita dan jauh dari norma yang berlaku. 

Ardit juga mengingatkan bahwa kita harus bertanggung jawab pada apa yang kita posting. Kalau sudah berani posting ya berarti sudah siap dengan segala konsekuensinya. Setuju banget nih. Intinya jangan lempar batu sembunyi tangan ya mentemen. 

Wah banyak ya ternyata yang saya dapatkan dari obrolan santai di IG Live bersama Ardit dan Home Credit. Pokoknya meski pandemi sedang melanda kita harus bisa bangkit dan berusaha. Pakai hestek #AyoMajuBersama biar mentemen nggak merasa sendirian. Plus jangan lupa tertawa, jangan lupa merefresh pikiran kita supaya nggak stress. Cek deh di IGnya untuk jadwal Fun Talk selanjutnya ya. 

Namun harus diingat juga kita sebagai orang muslim jangan sampai tertawa karena hal - hal yang tidak benar atau kebohongan. Jadi tertawa seperlunya saja ya..




7 comments

  1. Alhamdulillah... hari2 qt slalu tertawa,.. banyak aja d sekeliling yg bikin qt ketawa... Insyaa Allah ...😁😁

    ReplyDelete
  2. Wah iya bener, Buyu. Kita bisa bikin konten dari masalah yang sedang kita hadapi, bisa juga dari yang lagi trending tapi ya itu, tetep lihat-lihat, ya. Jangan sampai melanggar etika cuma demi view.

    ReplyDelete
  3. Nah, emang content creator mah kece ya. Punya masalah malah bisa jadi konten. Hahahaha

    ReplyDelete
  4. Sudah....menertawakan keadaan skrg ini sama anak sulung, apa2 mesti serba irit, jd lucu aja mikirnya, akhirnya tertawa bareng. Alhamdulillah dikeadaan yg serba mepet masih bisa bahagia.

    ReplyDelete
  5. Tertawa therapy stress plg murah ya Mom Jade.

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata tertawa banyak.manfaatnya ya..

    ReplyDelete
  7. Wag ardit erwanda ini fans nya banyak ya soalnya kata netijen dia lucu dan lumayan good looking. Kata netijen lho ini hehehe

    ReplyDelete