June 30, 2018

Serunya Main di Shoot Archery Gandaria City


Bagaimana buibu pakbapak, mulai galau kan anaknya yang pada liburan mau diajak berkegiatan apalagi? Kali ini daku mau bercerita tentang pengalaman aktivitas memanah yang diikuti oleh abang Rafasya di Gandaria City. 

Bulan puasa kemarin saat wiken tiba kami sempat berkunjung ke Gandaria City. Saat selesai melipir sejenak ke toko mainan di lantai paling atas untuk melihat - lihat mainan ( yess lihat - lihat saja tanpa beli haha) kami melihat tempat untuk berlatih memanah ini. Namanya Shoot Archery Zone. Karena abang Rafasya memang memilih ekskul memanah di sekolah, ia pun langsung excited untuk ikutan.



Saat kami ke kasir untuk memesan ternyata mbaknya bilang minimal untuk ikut bermain adalah 7 tahun kalau tidak salah. Jadi sebenarnya abang Rafa belum bisa ikutan. Namun karena kami beritahu bahwa di sekolah ia sudah ikutan ekskul memanah mbaknya mengajak Rafasya untuk mencoba memegang busur yang ada. Ternyata saat busurnya dicoba ditarik, abang Rafa mengakui ini lebih berat dan lebih besar dari yang dipakai di ekskul sekolah. Setelah dilihat postur dan kekuatan lengan Rafasya, mbaknya bilang bahwa Rafasya sudah bisa ikutan. Karena busurnya ini lumayan berat lho mentemen dan tingginya sama seperti Rafasya. Haha.. Saya salut dengan keprofesionalan pegawai Shoot Archery Zone ini. Jadi tujuan mereka bukan cuma banyaknya pengunjung yang bermain juga keamanan bagi pengunjung untuk bermain dan menikmati permainan. Hebat. 





Setelah melihat pilihan paket permainan, abang Rafasya setuju untuk memilih paket yang 15  anak panah. Jika sudah melakukan proses pembayaran, kita akan beralih ke meja Disampingnya kasir untuk mengenakan pelindung lengan dan pelindung jari. Setelah semua terpasang dengan baik kita bisa lanjut ke lintasan permainan. Lintasan dewasa dan anak - anak memiliki perbedaan. Jarak untuk anak lebih pendek daripada dewasa dengan hanya 1 target lingkaran besar sementara dewasa memiliki 4 target lingkaran kecil. Ada 4 tempat untuk anak dan 10 tempat untuk dewasa seingat saya. 





Sebelum bermain ada pegawai yang menghampiri Rafasya dan mengajari cara menarik busur, memasang anak panah, postur saat melepas anak panah sampai mengingatkan untuk memicingkan mata. Meski sudah ikut ekskul di sekolah, abang Rafasya tetap perlu diberikan brief seperti ini karena busur yang berbeda tinggi dan beratnya juga anak panah yang berbeda. 



Sambil menunggu abang Rafasya latihan, kita bisa ngemil di Shoot's Cafe yang menjual beberapa makanan ringan sampai berat dengan harga wajar. Senang sekali saat melihat harganya yang normal. Jadi cocok ya kan untuk menunggu anak bermain. Kemarin saya sih nggak sempat icip - icip disitu karena kan hanya 15 anak panah ya. 



Sebenarnya kemarin ayahnya juga ingin ikutan mencoba memanah, namun karena kami nggak ingin lama - lama di mol saat puasa jadi belum terlaksana. Niatnya sih kami ingin balik lagi karena saya juga ingin mencoba. Buat mentemen yang bingung anak - anaknya mau diberi kegiatan apa, mungkin bisa mencoba memanah di Shoot Archery Zone Gandaria City. Setahu saya sih ini tampaknya area memanah pertama yang ada di mol ya. Atau ada yang tahu tempat memanah lain yang model begini, mau dong infonya supaya lebih banyak pilihan. 




June 28, 2018

Perpanjang SIM di Mall Alam Sutera

Mau cerita tentang perpanjangan SIM nih mentemen. Jadi beberapa bulan yang lalu SIM saya ternyata habis. Dari hasil browsing sekarang perpanjang SIM itu bisa dimana saja seperti di beberapa mall. Tadinya sempat kepikiran buat mlipir ke Gancit yang masih di Jakarta Selatan aja biar nggak jauh, tapi hasil browsing dan pengalaman adik saya menunjukkan bahwa di Gancit itu ramai. Jadi saya langsung pilih Mall lain yaitu Mall Alam Sutera. Jauh yes? Memang. Tapi kabarnya nggak terlalu ramai.



June 26, 2018

Lakukan 4 Hal ini Untuk Mencegah Diare

Untuk saya, dan mungkin sebagian ibu - ibu lainnya, diare atau masalah gangguan pencernaan pada anak merupakan hal paling saya usahakan untuk dihindari. Kenapa? Karena kalau anak sudah diare itu cepat banget Berat Badannya merosot. Huhuhu. Padahal kan usia toddler khususnya, menaikkan BB anak itu nggak semudah menaikkan BB emaknya. Ya kan..

Makanya saya selalu berusaha mengajarkan anak - anak saya untuk menghindari diare dengan cara

1. Makan makanan sehat
Sehat yang saya maksud disini adalah yang komposisinya seimbang dari karbohidrat, lemak, serat dan  proteinnya. Kami di rumah sudah terbias sarapan dengan buah atau overnite oat. Untuk makan siang dan makan malam hampir sebagian besar selalu ada sayuran pada menu kami. Alhamdulillah anak - anak juga bukan tipe yang sulit makan sayur. Mungkin karena terbiasa atau karena dicontohkan oleh orang tuanya.

2. Cuci tangan
Setiap sehabis bepergian, baru masuk ke dalam rumah atau sehabis bermain di playground saya selalu mencontohkan pada anak - anak untuk mencuci tangan. Kebiasaan mencuci tangan adalah kebiasaan yang baik untuk dilakukan dan efektif untuk mencegah diare. 

3. Menutup mulut saat batuk atau bersin
Kebiasaan untuk menutup mulut dengan tisu atau saputangan juga merupakan kebiasaan yang kami ajarkan di rumah. Karena dengan terbiasa menutup mulut kita bisa mencegah penularan virus batuk pilek tadi. Mentemen tahu nggak sih kalau saat kita batuk atau bersin tapi sedang nggak ada tisu di sekitar kita, kita bisa menutup mulut dengan lengan baju. Jadi tutupi saja mulut dengan lengan yang terbungkus baju. Abang Rafasya sih masih suka lupa untuk menutup dengan lengan baju, namun insyaAllah kebiasaan menutupnya sudah dilakukan meski dengan tangan. Pernyataan ya harus langsung cuci tangan atau dilap dengan tisu basah.


June 13, 2018

Sentuhan Cinta, Cara Memijat dari Johnson’s untuk Bayi Indonesia

Buibu pernah nggak sih merasa galau urusan pijat memijat saat buah hati kita baru saja lahir ke dunia? Pijat memijat yang saya maksud adalah pijat memijat si bayi ya. Kalau pijat memijat ibunya sih urusan lain lagi, hihihi. Namanya juga bayi baru lahir ya kan, apalagi anak pertama, kita sebagai ibu masih grogi saat memegang si buah hati. Coba deh ingat - ingat saat pertama memandikan buah hati kita, khususnya anak pertama. Pasti ada rasa takut kan ? Takut kekencangan megangnya bahkan takut merosot saat sedang menyabuni bayi merah ini. 

Begitu juga urusan pijat. Kayaknya ngeri banget gitu membayangkan bayi merah untuk dipijat. Padahal nih ya buibu, memijat bayi itu merupakan bentuk keintiman yang paling dahsyat antara ibu dan bayinya. Memijat si bayi juga sangat penting untuk pertumbuhan si bayi itu sendiri. Karena dengan memijat, kita bisa merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang merupakan kunci pertumbuhan, komunikasi dan pembelajaran. Kalau sudah mengetahui bahwa pijat bayi ternyata sangat penting, yuk kita belajar memijat bayi sendiri.


June 11, 2018

Tips Menghindari Sariawan Saat Berpuasa


Puasaaa...
Alhamdulillah ya mentemen kita bisa menikmati lagi berjumpa dengan bulan yang penuh berkah ini. Puasa selalu menghadirkan suasana yang berbeda dibandingkan bulan lainnya. Ya makanannya, euforia di pusat perbelanjaan, ramainya acara bukber di handphone yang belum jelas terlaksana atau tidak (:p) dan tentunya semangat beribadah umat muslim baik di masjid maupun di rumah. Percaya nggak sih, yang kangen akan bulan puasa ini bukan cuma umat muslim tapi juga mentemen non muslim. Dari obrolan saya bersama mentemen non muslim, rata - rara mereka kangen dengan euforia jualan makanan berbuka plus acara bukber yang sekaligus merupakan ajang reuni. MasyaAllah ya. Mungkin ini ya yang dinamakan Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin, artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia.



Selain segala keriaan yang hadir pada bulan puasa, ada juga nih yang biasanya hadir saat puasa seperti ini. Nggak lain nggak bukan adalah sariawan, panas dalam, sakit menelan dan teman - temannya. Nyadar nggak sih kalau sariawan and the gank ini sering hadir saat bulan puasa. Mungkin karena asupan cairan dan serat yang kurang plus kebiasaan berbuka dengan makanan berminyak ya? Hayoo siapa yang suka berbuka dengan gorengan atau sahur dengan menu dari rumah makan padang dan beralasan supaya selera makan? Eh itu sih saya aja kali yaaa. Haha.. Tapi bener deh, sedang berpuasa dan sariawan itu merupakan hari yang berat menurut saya.


June 10, 2018

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Jual Bendera InggrisSecaraOnline

Di era moderen ini kemajuan teknologi semakin berkembang pesat, sebagian aktifitas manusia bahkan dapat dilakukan semakin mudah hanya dengan menggunakan perangkat smartphone saja. Hal ini juga berpengaruh pada para pelaku bisnis yang memilih menjalankan bisnis secara online karena dinilai memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan membuka toko secara konvensional. Salah satu bisnis online yang belakangan ini banyak dibicarakan oleh sebagian orang adalah jual bendera Inggris. Bendera kebangsaan yang satu ini memiliki arti tersendiri untuk para penggemar negara tersebut sehingga dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk menjadikan peluang usaha.


June 4, 2018

Perbaiki Kualitas Udara agar Si Kecil Bebas dari Batuk Pilek

Hola buibu sejagad maya. 


Pastinya momen anak sakit adalah momen yang membuat para ibu di manapun akan patah hati. Semakin kecil si anak, semakin patah hati lah si ibu. Karena anak yang masih kecil, seperti bayi misalnya, belum mengerti apa yang harus dilakukan jika sakit. Mereka juga belum bisa bicara dan memberi tahu kita ibunya, tentang apa yang mereka rasakan. Yang mereka para bayi lakukan jika sedang sakit biasanya hanya menangis dan menjadi rewel. Jika anak sudah memasuki usia toddler, anak sudah mulai belajar bicara. Jadi biasanya sudah bisa memberi tahu saat ada bagian dari tubuh mereka yang sakit. Tapi rasanya sampai anak sudah besar pun, para ibu akan selalu sedih dan patah hati ya kalau anaknya sakit.

Bicara tentang penyakit, batuk dan pilek adalah salah dua penyakit yang sering diderita oleh anak sedari bayi. Sebenarnya batuk pilek merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan penyakit dan mengamankan saluran pernapasan. Penyebabnya bisa banyak hal, belum kuatnya kekebalan tubuh anak, adanya infeksi virus pada hidung atau tenggorokan sampai pada kurang baiknya kualitas udara yang dihirup oleh anak. 

Kalau bicara tentang kekebalan tubuh anak, hal ini akan terus meningkat seiring dengan usia anak. Infeksi pada virus bisa terjadi karena anak biasanya tidak rajin menutup mulut jika batuk atau bersin, situasi ini menyebabkan anak kita mudah tertular oleh anak lain yang sedang batuk pilek. Oleh karena itu pemahaman bagaimana bersikap saat batuk atau bersin dan kebiasaan mencuci tangan seharusnya bisa membuat virus batuk pilek tidak mudah menyebar. Di antara penyebab yang saya sebutkan di atas, enjaga kualitas udara yang dihirup anak adalah salah satu yang bisa kita kontrol.