Bekas Operasi Sesar (Kedua) yang Bernanah

Sekitar 3 minggu pasca operasi, saya merasakan perut saya sakit. Lebih tepatnya di bekas operasi sesar saya. Rasa sakit ini awalnya saya rasakan setelah acara Aqiqah Arsel. Saya pikir saya kelelahan saja. Namun saat saya memperhatikan bekas operasi saya, tampaknya agak memerah. Oke, saya masih biasa saja. Saat mandi sore, saya kembali memperhatikan bekas operasi yang terasa nyeri. Ternyata di ujung kiri bekas operasi terlihat ada sedikit tonjolan berisi cairan berwarna kuning pucat. Kalau menurut saya si cairan kuning pucat itu adalah nanah. Jumlahnya sedikit, sedikit banget malah. Hal ini cukup untuk membuat saya bertanya, dengan agak sedikit deg - degan, pada obgyn kesayangan.

Saya diminta untuk menunggu sampai esok hari dan mengirimkan foto bekas operasinya. Keesokan harinya setelah mandi pagi ternyata bekas operasi di bagian kiri masih merah dan tonjolan yang saya maksud masih ada. Namun cairan nya tidak terlihat berwarna kuning pucat, melainkan pink kemerahan. Saat saya seka dengan tisu, terlihat warna pink kemerahannya. Tidak perlu menunggu lama, saya langsung mendapat balasan dari dr. Nana yang meminta saya untuk datang ke rumah sakit.


Setelah diperiksa, nanahnya sudah tidak ada. Namun masih ada cairan pink kemerahan. Jadi langsung ditekan di sekitar bagian yang ada tonjolan nya untuk mengeluarkan cairan tersebut. Sebenarnya sih nggak sakit, tapi karena membayangkan di sekitarnya ada perut yang sekitar 3 minggu yang lalu dibuka saya jadi deg - degan berat. Haha..


Dari hasil observasi dr. Nana, bekas operasi sesar saya yang kemarin sedikit bernanah ini aman kok. Saya tetap boleh mandi seperti biasa. Kemudian saya dibekali salep Bioplacenton untuk dioleskan HANYA pada bagian yang ada cairan kemerahannya saja. Saya harus mengoleskannya setelah mandi pagi dan saat akan tidur di malam hari. Selain salep saya juga diminta untuk mengkonsumsi susu tinggi protein. Saya baru tahu lho kalau ada susu semacam ini.



Seperti kita ketahui bersama, pasien yang baru saja melakukan operasi biasanya akan diminta untuk mengkonsumsi banyak protein. Itu juga yang mendasari mengapa di rumah sakit setiap hari saya diberikan telur rebus. Susu yang bisa membantu mempercepat pemulihan pasca operasi yang diberikan pada saya adalah Peptisol. Susu ini bisa dibeli di apotek ya. 1 kotak Peptisol ini harus dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari dan saya diminta untuk mengkonsumsi 6 kotak. Lumayan berat untuk saya yang bukan peminum susu rutin. :D Namun demi kesembuhan luka pasca operasi sesar saya, tetap saja saya telan. Ada 2 varian rasa, vanilla dan cokelat. Harga per kotak kalau tidak salah sekitar 70ribuan, lupa karena struknya sudah terbuang dan sekalian beli obat lain waktu itu. Hehe.. Dua - duanya cukup enak menurut saya. Meski tetap saja saya sempat mengakalinya dengan mencampurkan susu bubuk rasa cokelat ini dengan buah alpukat. Yang penting masuk perut kan yaa..





Alhamdulillah sekarang kurang lebih 1,5 bulan setelah operasi sesar, luka bekas operasi saya sudah tidak mengeluarkan cairan. Sebenarnya sekitar 3 hari setelah minum susu tinggi protein dan salep lukanya sudah membaik. Oh, ya salep yang saya gunakan dihentikan setelah 3 hari pemakaian. Karena  ternyata lokasi yang mengeluarkan cairan tetap memerah. Jadi sesuai arahan dr. Nana yang setiap pagi saya kirimi foto, saya menghentikan pemakaian salep itu.

Cenat cenut di area bekas sesar sudah hilang. Seneng banget rasanya, karena lumayan ganggu. Soalnya waktu luka bekas operasi sesar saya sedikit bernanah, saya jadi merasa agak sakit sewaktu menggendong Arsel. Belum lagi saat Arsel menyusu di payudara kanan, berarti kan kakinya ada di atas bekas operasi sesar yang sebelah kiri. Dimana di sebelah kiri itu adalah luka pasca operasi sesar yang mengeluarkan cairan. Saat kaki Arsel bergerak - gerak. Mmmhh... Nyeri cenat - cenut asoy rasanya. Kalau sekarang sih saya sudah setrong lagi. Sudah siap bangun tengah malam untuk nenenin sambil berdiri. Haha..

20 comments

  1. aku juga abis lahiran dikasihnya bioplacenton mb padahal lahirannya normal, tp emang bagus sih karena bekas jahitan pasca melahirkannya jd cepat sembuh jg, soalnya robekan bekas lahirannya lumayan apalagi waktu melahirkan anak pertama harus digunting :(

    ReplyDelete
  2. Waah sama kayak aku mbak.Aku bahkan sampai kontrol berkali-kali gara -gara terlalu parno ada nanah kemerah-merahan di bekas operasi.Kata dokternya sih cuman lemak aja.

    ReplyDelete
  3. Betul banget, Bu Yu. Protein itu membantu penyembuhan luka. Apalagi luka bekas operasi. Makanya orang yg menjalani operasi, operasi kecil maupun operasi besar, setelahnya dianjurkan konsumsi protein. Kecuali yg alergi ya. Alhamdulillah luka bekas operasi caesar aku aman :)

    ReplyDelete
  4. Dulu pas lahiran anak pertama, aku juga pake bioplacenton Mba', sayang tahunya telat, keburu udah rusak jahitannya, akhirnya direpair deh jahitannya. Jadi meski normal, aku harus bolak-balik kontrol, haha.

    ReplyDelete
  5. Aku dulu konsumsi susu itu saat hamil anak kedua mbak, krn albuminku sangat kurang Jd emang bagus buat nambah protein Btw kalau yang alami bisa konsumsi ikan gabus dan putih telur mbak. Moga lekas pulih ya jahitannya

    ReplyDelete
  6. Ngilu aku bayanginnya :(
    Aku yang cuma satu garis kecil aja bekas usus buntu dulu nyerinya warbiasah

    ReplyDelete
  7. duh ngeri ya mbak kalau sampai luka. Disebut nggak mak kenapa penyebabnya bisa sampai bernanah gitu?

    ReplyDelete
  8. hal pasca lahiran caesar yang kutakutkan ya ini mbak, bekas jahitan kenapa2 hihi.
    ketekan dikit jadi parnoan. moga makin membaik terus ya mbak bekas jahitannya yg sempat bernanah.

    ReplyDelete
  9. Selain itu banyak makan buah ya mbak..sehat selalu yaaak :)

    ReplyDelete
  10. Cenat cenut asoy banget ya buyuuu,hihi. Apalagi klo lg maunya digendong terus pasti makin asoy ya buyuu..hihi

    ReplyDelete
  11. aku garamicin
    ini gpp cm ttp aja nyeri ya yu
    peptisol bisa beli dmn

    ReplyDelete
  12. Mba aku mau genap 2 minggu pasca secio anak ke 3 ku..siang ini kaget banget pas liat plester lukaku kok, berwarna kuning plesterx...selama secio 1 dan 2 tdk pernah kejadian benanah, makax parno banget pas liat lukax benanah...

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. Saya juga sama kemarin pas kontrol pertama di buka perban yang anti airnya terus dokter membuka luka sesar saya ujung sebelah kiri terus di pencet2 keluar darah. Setelah itu saya di anjurkan lukanya harus si kompres pakai cairan selama seminggu alhamdulillah lukanya mengecil. Minggu sekarang saya di anjurkan memakai betadin alhamdulillah makin membaik tapi masih ada sedikit lagi lukanya suka keluar cairan tapi makin mengecil setiap harinya. Tapi saya masih takut deg2an takut gak sembuh. Gimana caranya ya bunda2 supaya gak keluar lagi cairannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg bun pasca sc 2 minggu lalu aku udah sc 2x jg, sehabis mandi sore tiba ada darah merah pudar gt nempel di cd kaget y ruaar biasa serem takut wlpun cm sdikit bgt tp aku lngsung bersihkan pake cairan infus dan langsung ku oles salep bioplacenton semoga segera dan secepat y membaik,

      Delete
  15. Aku juga sekarang lagi ngalamin sakit di area miss v aku sehabis lahiran normal ,padahal udah 40 hari luka masih belum sembuh juga , apalagi saat mau BAB pasti berdarah lagi , .. aku tanya² sama sodara aku nyaranin aku suruh pakai salep bioplacenton itu , aku mau coba semoga luka jahitan ku cepat sembug dan membaik

    ReplyDelete
  16. Numpang tanya sis. Emng di anjurkan atau ngga sih untuk pke salep kalau selesai SC ? Walaupun lukanya ngga kenapa* dan kalau pke salep apa ya yg bagus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya pakai salep sagestem mba dri dokter kandungan.. Blm prnh coba bioplacenton seperti yg dibicarakan diatas..

      Delete
  17. Aku dari hamil berapa bulan minum susu protein tinggi lanjut pas habis operasi juga cuma gak tahu merknya apa hahaha. Ini lagi cari-cari gambar bekas sesar nemu potongan Buyu. Soalnya bekas sewaktu nyaru sama strechmark wakakaka.

    ReplyDelete