December 4, 2016

Tips ala Buyu Agar Bayi bisa Tidur Nyenyak (Hore.. Arsel sudah 2 bulan)

Alhamdulillah sekarang Arsel sudah berusia 2 bulan. Sekarang sudah mulai banyak suaranya. Aaa... Oooo.. Kkhhhh... Macem - macam deh. Yang paling seru sih biasanya setelah mandi pagi dan sore. Kalau kita ajak ngomong pasti membalas dengan ngoceh - ngoceh juga. Arsel juga nggak suka digendong menyamping. Maunya digendong nemplok di pundak atau malah menghadap ke depan. Lupa deh dulu Rafasya bayi kayak gini juga apa nggak ya? Atau bayi masa kini ya begini gayanya? Haha.. Arsel tampaknya sudah bisa melihat sesuatu dengan jelas. Kalau kita bunyikan mainan dari kanan ke kiri atau sebaliknya matanya sudah bisa mengikuti.

Mulai bisa akting nangis juga kalau ditaro di carseat. Meski Arsel nangis, biasanya kalau saya cek ia nggak pup ya saya taro lg di carseat dan saya cuekin sambil bilang "kalau naik mobil Arsel duduk di car seat". Sejauh ini berhasil, dalam artian Arsel akan diam dan melihat ke luar jendela mobil. Hehe..

December 2, 2016

Bekas Operasi Sesar (Kedua) yang Bernanah

Sekitar 3 minggu pasca operasi, saya merasakan perut saya sakit. Lebih tepatnya di bekas operasi sesar saya. Rasa sakit ini awalnya saya rasakan setelah acara Aqiqah Arsel. Saya pikir saya kelelahan saja. Namun saat saya memperhatikan bekas operasi saya, tampaknya agak memerah. Oke, saya masih biasa saja. Saat mandi sore, saya kembali memperhatikan bekas operasi yang terasa nyeri. Ternyata di ujung kiri bekas operasi terlihat ada sedikit tonjolan berisi cairan berwarna kuning pucat. Kalau menurut saya si cairan kuning pucat itu adalah nanah. Jumlahnya sedikit, sedikit banget malah. Hal ini cukup untuk membuat saya bertanya, dengan agak sedikit deg - degan, pada obgyn kesayangan.

Saya diminta untuk menunggu sampai esok hari dan mengirimkan foto bekas operasinya. Keesokan harinya setelah mandi pagi ternyata bekas operasi di bagian kiri masih merah dan tonjolan yang saya maksud masih ada. Namun cairan nya tidak terlihat berwarna kuning pucat, melainkan pink kemerahan. Saat saya seka dengan tisu, terlihat warna pink kemerahannya. Tidak perlu menunggu lama, saya langsung mendapat balasan dari dr. Nana yang meminta saya untuk datang ke rumah sakit.

November 29, 2016

Bebersih Rumah demi Kolong tetap Kinclong

Dulu di rumah mama memang ada Asisten Rumah Tangga, namun mama mewajibkan saya untuk membersihkan kamar saya sendiri sejak SMP. Saat ART sedang nggak masuk atau kami sedang berganti ART, beberapa tugas rumah pun menjadi tanggungan saya. Apalagi saat kuliah dan jam masuk kelas yang siang. Pagi hari mama akan pergi ke pasar lalu langsung memasak. Jadi saya mengakrabkan diri dengan mencuci, menyapu, mengepel dan mengelap rumah. Biasanya jika ada kuliah siang, saya diizinkan mama untuk bangun paling telat jam 6 pagi. Kemudian memasukkan pakaian kotor ke mesin cuci, sementara mesin cuci melakukan tugasnya saya menyapu rumah sambil membawa lap. Gunanya lap apa? Mama mengajarkan saya untuk menyapu sembari mengelap perabotan yang ada di rumah. Jadi rumah terlihat selalu bersih. Setelah selesai menyapu dan mengelap perabotan rumah, kain pel sudah menunggu. Sembari menunggu lantai kering saya sempatkan untuk sarapan. Nggak bisa leha - leha dulu, karena mesin cuci sudah selesai dan waktu menjemur sudah tiba. Kalau semua baju bersih sudah tersusun rapi di jemuran, baru deh saya menonton TV sebentar lalu siap - siap berangkat ke kampus.

November 27, 2016

Nursing Room di Mall Kota Kasablanka

Ahh.. Masa - masa menyenangkan ini datang lagi. Masa menyusui selalu menyenangkan untuk saya. Selain karena sebagian besar arti tangisan si bayi bertujuan untuk mencari saya demi ASI juga karena menyusui berarti bisa makan terus sementara berat badan insya Allah turun. Menyenangkan banget kan? Haha..

Tadinya sih mau nahan - nahan sampai Arsel berusia 2 bulan baru main - main ke Mall. Tapi ternyata nggak bisa cyin. Karena memang ada banyak keperluan dan demi kewarasan emaknya yang sudah 40 hari cuma muterin rumah plus ke dokter dan sekolah abang Rafasya aja. Emak mulai kangen jajanan dan makan di mol. :D Jadi Arsel sudah beberapa kali ke Mall. Tentunya selama muterin Mall kami berkunjung ke ruang menyusui alias Nursing Room dong. Dulu saat Rafasya bayi saya pernah bercerita tentang beberapa Nursing room di postingan ini. Pasti sudah berbeda kan ya tahun 2016 ini. Kali ini saya mau cerita tentang Nursing room di Mall Kota Kasablanka.

November 24, 2016

Belajar Huruf dan Angka ala si Anak Bujang

Mengingat Rafasya sekarang sudah di TK B, berarti tahun depan anak bujang Bunda ini insya Allah akan masuk SD. Aakk.. Cepat kali waktu berlalu, perasaan kemarin baru masuk KB. Jadi akhir - akhir ini Rafasya sering berlatih menulis di rumah. Kalau di sekolah memang tidak diajarkan membaca dan menulis dengan target harus bisa. Diajarkan sih, dikenalkan beragam huruf dan angka. Supaya kenal dengan bentuk huruf jadi Rafasya belajar menulis nama sendiri juga.