April 10, 2016

Flek, Tanda Datang Bulan (Haid / Menstruasi) atau Tanda Kehamilan ?

Menjadi ciptaan Allah dengan jenis kelamin wanita, tentunya membawa  beragam keistimewaan. Salah satunya adalah kedatangan tamu bulanan.  Yup, super istimewa bukan? Hanya wanita yang bisa mengalami kondisi khusus ini. Sejak keguguran tahun lalu, saya selalu harap - harap cemas setiap mendekati hari datangnya si tamu bulanan atau yang biasa disebut haid ini. Ya kan ngarepnya nggak haid gtu.. Terkadang tanda yang  ditunjukkan oleh tubuh kerap membuat saya bingung. Ini sebenarnya mau haid atau hamil sih?

Adapun tanda - tanda akan haid yang biasa saya alami antara lain : 
1. 4 - 5 hari menjelang haid biasanya saya akan mudah kegerahan.
2. 3 - 4 hari menjelang haid payudara akan terasa kencang disertai perut yang sedikit kram.
3. 2 - 3 hari menjelang haid tubuh saya agak lemah dan mudah terserang flu hanya karena alasan sepele, seperti bersin akibat terkena bulu boneka.
4. 1 - 2 hari menjelang haid lutut ke bawah akan terasa pegal - pegal.
5. 1 - 2 hari menjelang haid muncul sedikit flek cokelat atau bahkan flek merah darah namun dalam jumlah yang sedikit. 

Tanda - tanda menjelang haid yang saya alami mungkin dialami juga oleh teman - teman yang lain. Namun untuk teman - teman yang sudah pernah hamil mungkin menyadari bahwa tanda - tanda menjelang haid ini cukup mirip dengan tanda - tanda kehamilan. Saking miripnya, saya pernah super geer saat telat haid 4 hari. Yang ternyata setelah membeli testpack hasilnya negatif. Hehe.. 




Tanda - tanda tersebut, mulai nomer 1 sampai 4 muncul pada diri saya sekitar awal bulan Februari kemarin saat Rafasya demam. Puncaknya adalah saat saya menemani Rafa yang sedang demam, menunggu hasil ambil darah Rafa yang pertama. Saat anak sakit, tentunya ia akan menjadi super rewel. Jadi saya duduk di ruang tunggu sambil memangku Rafa yang agak lemas, sayangnya suami ada meeting yang tidak bisa diwakilkan jadi hanya bisa mengantar ke rumah sakit saja. Selain memangku, saya juga beberapa kali naik turun tangga karena mencari tempat yang agak sepi agar Rafa bisa tidur saat menunggu hasil, Rafa ingin keluar mencari cemilan dan kembali menaiki tangga untuk mengambil hasilnya. Oh, ya satu kali sambil menggendong Rafa, anak bujang seberat 21 kg. Super encok. :D

Maka tidak heran saat kami sampai di rumah selepas adzan Ashar saya merasa lelah luar biasa, karena sudah berangkat dari rumah jam 6 pagi dan menjaga Rafa. Tidak lama sampai di rumah, kami pun terlelap. Sekitar pukul 5 sore saya terbangun dan mendapati bahwa ada flek berwarna merah seperti darah segar. Oh haid nih, pikir saya waktu itu. Namun ada yang tidak biasa. Karena flek berwarna merah segar itu keluar dalam jumlah yang cukup banyak. Karena berpikir saya haid, maka saya pun memakai pembalut. Namun sampai 2 hari setelah keluar flek darah segar itu, tidak ada flek lanjutan atau bahkan darah haid yang keluar. Saya sempat ragu apakah ini haid atau bukan. 

Saya memutuskan untuk menunggu 1 hari lagi. Ternyata keesokan harinya tetap tidak ada tanda - tanda haid. Akhirnya karena khawatir dengan keadaan diri saya, apakah ada sesuatu yang terjadi pada rahim saya atau jangan - jangan hamil, maka saya pun membeli testpack setelah mengantarkan Rafa sekolah esok lusanya. Saya hanya ingin memastikan saja. Setelah menunggu beberapa saat, hasilnya 2 garis. Saya pun melongo. Setelah tersadar saya mengambil testpack dari merk lain dan mengulanginya. Hasilnya tetap. 2 garis. Kembali saya terdiam. Setelah tersadar sepenuhnya, saya menelepon suami untuk mengabarinya. Alhamdulillah, insya Allah beneran hamil ya Bunda. Itu kata - kata suami saya. Saya mulai merasakan perasaan bahagia. Namun perasaan itu langsung sirna karena kemarin saya sempat flek darah segar yang cukup banyak. Huwaaa... Itu pertanda apa? Apa testpacknya salah? Jangan - jangan ini hamil anggur lagi? Mulai deh saya parno. Setelah ngobrol dengan suami, kami memutuskan untuk menunggu sampai hari senin. Saya melakukan test kehamilan pada hari Jumat. Jika sampai Senin pagi, cek kembali di testpack dan hasilnya sama barulah kami akan berkunjung ke obgyn. Qadarullah, Senin pagi pun datang dengan hasil yang sama. Berangkatlah kami ke obgyn. Dan hasilnya..



Alhamdulillah setelah di USG, saya beneran hamil. Sekarang sudah 13 minggu. Allah memang paling tahu cara memberi hadiah hambaNya ya. Hari saat saya periksa ke obgyn adalah hari dimana saya dikurangi jatah hidup di dunia, namun Allah memberi saya dan keluarga hadiah yang manis. Doakan saya dan #bebito2 sehat selalu ya temans. Insya Allah kami juga mendoakan semua wanita di luar sana yang sedang menanti hadiah manis dari Sang Pencipta. Percaya deh, Ia tahu waktu yang tepat..

Lalu, bagaimana dengan flek berwarna merah seperti darah segar tadi? Apa pengaruhnya terhadap kehamilan saya? Disambung besok lagi yaaa..


9 comments:

  1. Mbak Jade, selamat ya atas kehamilannya. Semoga sehat selalu ibu dan baby-nya. :)

    ReplyDelete
  2. Duhhh terharu deh BuYu... mudah-mudahan sehat selalu dan lancar semuanya, dimudahkan persalinannya. Doakan aku menyusul ya Buyu....

    ReplyDelete
  3. Setauku kalo flek itu biasanya terjadi pas pelekatan janin ke dinding rahim. Ada yang flek, ada juga yang enggak. Kebetulan aku sekali iya, sekali enggak. Kalo untuk tanda-tanda.. Sarua keneh alias samapuunn.. Sempet terkecoh, padahal sebetulnya hamil. Malah pas hamil K2 taunya justru gara-gara aku gampang laper tapi mual gak kelar-kelar. Sampe sebel sendiri. Eh pas di cek ternyata dua garis.

    Semoga sehat terus dan dilancarkan kehamilannya ya BuYu. :*

    ReplyDelete
  4. Wah alhamdulillah turut seneng... beraryi hampir sama ya antara tanda-tanda haid sama hamil. dulu temenku waktu hamil juga bilangya masih mens tapi cuma flek aja

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, selamat ya mbak Ayuu... sehat2 terus #bebito2-nya :)
    kalo kata obgyn saya flek bisa jadi pelekatan embrio tp tidak terjadi di semua wanita, krn saya pun gak flek pas awal hamil.

    dulu pernah sekali flek pas jalan 9 minggu ternyata pendarahan dan keguguran..

    ReplyDelete
  6. Buyu alhamdulilah yang di nanti-nanti hadir kembali ya adenya rafa, sehat selalu ya buyu.

    ReplyDelete
  7. Buyuuuu baru baca :") ikutan bahagia, keinget waktu taun lalu sadar kalo hamil... Sehat2 selalu yaaaa ibu & bebitoooo :D

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah, selamat ya mbak. ikut bahagia

    ReplyDelete