December 13, 2018

Buka Rekening Efek Kurang dari 1 Jam Langsung Aktif Tanpa Tanda TanganBasah? Bisa Dong


Mana suaranya rakyat kekinian yang suka males banget kalau harus berurusan ke bank? Saya kayaknya termasuk salah satunya yang males ke bank kalau nggak perlu - perlu banget. Selain karena alasan saya selalu satu paket dengan dua bujang jadi kan rempes ya kalau bawa rombongan, well at least satu bujang deh sekarang yaitu Arsel, juga entah kenapa kalau mau ke Customer Service sebuah bank itu pasti akan memakan waktu lama. Kayaknya nggak mungkin kurang dari 1 jam deh. Ya nggak sih?

Makanya deh saya suka malas kalau harus ke CS untuk membuka rekening baru. Eh buat apa sih rekening baru? Ya kalau saya sih lebih suka punya rekening yang berbeda untuk urusan tabungan atau investasi. Supaya nggak tercampur kan sama dana yang mamak gunakan untuk jajan cilok. Haha.. Ngomongin soal investasi, saya sih baru sebatas emas saja yang mana sebenarnya juga baru banget dijalaninya. Pengennya sih bisa ikutan punya saham syariah tapi ilmunya masih cetek jadi masih harus baca - baca lebih lanjut.


November 29, 2018

Liburan Ke Jepang Bersama 2 Anak ( Persiapan )


Jepang.
Siapa yang sudah pernah ke Jepang entah untuk liburan atau pekerjaan, entah sebentar atau lama, saya yakin pasti di dalam hatinya ingin untuk kembali lagi ke negara ini. Yang belum kesana pun tentunya masih menyimpan mimpi untuk bisa menginjakkan kakinya kesana. Alhamdulillah saya dan keluarga sudah berkunjung ke Negara yang dikenal tertib ini. Liburan perdana keluarga kecil kami bersama anak - anak nih.

Wah pasti sudah direncanakan sedari lama ya perjalanan ke Jepang ini? Nggak sama sekali. Yukslah kita ngobrol tentang perjalan kami ke Jepang ini.

Sebenarnya kalau mau digali lebih dalam lagi, liburan ke Jepang ini termasuk liburan dadakan. Yak semacam tahu bulat yang digoreng dadakan gitu deh. Haha. Okeh, garinglah. Tapi memang benar, sebelumnya kami nggak pernah merencanakan dengan serius akan kunjungan kami ke Negara Matahari Terbit ini. Meskipun tentu saja saya memang sedari dulu selalu bermimpi untuk mengunjungi negara yang terkenal akan kedisiplinannya ini. Entah kenapa saya bercita - cita untuk sampai ke Jepang hanya demi melihat semua keteraturan yang mereka miliki.



November 28, 2018

Berkenalan dengan Formula Asam Amino yang Membantu Meredakan Alergi Susu Sapi

Memiliki anak yang sehat adalah sebuah anugerah. Betapa saya sebagai seorang ibu merasakan betul kalau anak sedang sakit itu sungguh bikin patah hati, meski hanya batuk pilek biasa. Pada Rafasya yang sudah berusia 7 tahun batuk pilek bisa diatasi dengan santai, banyak minum air putih, berjemur, kalau batuk berdahak bisa mengeluarkan sendiri dan bisa membersihkan cairan hidung alias ingus sendiri. Pemberian obat hanya saya berikan jika abang Rafasya terlihat sangat terganggu dengan batuk pileknya atau jika diiringi demam.



Tapi lain hanya dengan Arsel yang baru berusia 2 tahun. Batuk pilek bisa menyebabkan ia berkali - kali muntah untuk mengeluarkan dahaknya. Jika hidungnya mampet Arsel akan susah tidur dan rewel. Masa saya pun harus menggendongnya agar tidur nyenyak. Jika batuk pileknya sudah 2 minggu dan belum berkurang, barulah saya memberikan obat pada Arsel.


November 18, 2018

5 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Ala BuYu





Menikah. 

Rasanya dulu sebelum menikah, saya nggak terbayang bahwa menikah itu penuh dengan komitmen dan tanggung jawab yang banyak plus tanpa henti. Misalnya saja saya harus bertanggung jawab dan berkomitmen untuk membersihkan apartemen (kala itu) meski saya super lelah. Di lain waktu saya harus bertanggung jawab untuk membawa Rafasya turun dari unit untuk main sore meski saya sedang sakit kepala. Tanggung jawab yang saya emban sebagai istri dan ibu tentunya memiliki balasan yang luar biasa. Alhamdulillah saya mendapatkan suami dan anak - anak yang baik. MasyaAllah. 

Jatuh cinta itu mudah, tapi menjaga cinta adalah urusan perjuangan yang sebenarnya. 

Kenapa begitu ? Ya karena kehidupan setelah menikah dan memiliki anak tentunya berbeda dengan kehidupan saat masih sendiri. Yang paling terasa adalah aktivitas quality time bersama pasangan. Dulu di awal menikah saya dan suami sering ke salon dan totok bersama - sama. Lumayan rutin dan semacam agenda wajib untuk kami. Selain itu kami juga rajin nonton di bioskop. Rasanya dulu semua film pasti kami tonton deh, saking hobi nonton banget. Selain itu kami juga hobi makan, jadi nyobain restoran atau kafe jadi  agenda setiap wiken. Padat ya aktivitas berdua - duaannya? 

Sejak hadirnya Rafasya tentunya kegiatan berdua - duaan ini jadi jarang terjadi. Karena kami tinggal di apartemen bertiga. Kalau mau berduaan ya harus nitip Rafa ke kakek neneknya. Keadaan ini masih berlangsung sampai sekarang setelah Arsel lahir dan kami tinggal di rumah. Bisa dibilang kuantitas berdua duaannya jadi menurun tajam. Haha..




Padahal untuk pasangan yang sudah menikah, menjaga keharmonisan antara suami istri ini penting banget. Nama pun, menikah dan menjadi orang tua ya. Kedua kepala ini harus dalam kondisi yang mendekati ideal lah pokoknya kalau mau semuanya berjalan lancar. Aktivitas mengurus anak dan beberes rumah mungkin banget menjadikan istri lelah dan kurang memperhatikan hubungan dengan suami. Begitupun suami, selepas subuh berangkat kerja dan pulang ke rumah saat larut malam plus bermain dengan anak - anak dan membantu pekerjaan rumah juga bisa banget membuat suami kurang memperhatikan istri. Kondisi ini nggak boleh dibiarkan terlalu lama, bikin bahaya banget untuk keharmonisan hubungan suami istri. 

Lalu harus bagaimana dong? Yah, saya juga pengennya semua bisa berjalan sesuai yang saya cita - citaka dengan proses dan cara yang gampil juga. Tapi kan gak bisa gitu ya. Makanya kita, baik sebagai istri atau pun suami, harus melakukan beberapa cara untuk menjaga keharmonisan hubungan suami istri ini. Kalau di saya, ada beberapa hal yang kami lakukan. Apa saja? Mari dijabarkan satu per satu. Sok lah, ambil cemilan dulu. 

1. Komunikasi
Klise sih emang. Tapi beneran deh, komunikasi ini kunci. Hal semudah menyapa pasangan lewat wa atau berupa telepon bahka ngobrol langsung, tetap harus dilakukan. Biasanya sih ngobrolin anak atau kebutuhan rumah tangga ya, namun usahakan ada juga obrolan lain yang memang hanya kepentingan suami dan istri saja. Di dalam melakukan komunikasi ini juga harus sampai tuntas. Misalnya lagi ngobrolin tentang sesuatu kemudian terputus karena anak perlu salah satu dari kita. Maka pastikan bahwa obrolan tadi dilanjutkan dan memiliki solusi. Pokoknya harus memiliki penyelesaian. Ini biasanya terjadi saat kita sedang berselisih. Saat berdebat, demi anak - anak nggak melihat, kami biasanya masuk kamar dan mengecilkan suara. Namun jika tetiba anak menginterupsi, ya terpaksa harus dihentikan terlebih dahulu namun pastikan bahwa diskusi tadi harus dilanjutkan. Terkadang jeda saat berdebat, apapun alasannya, bisa menghadirkan introspeksi diri. Kenapa bahaya jika tidak tuntas? Bisa jadi masing - masing masih menyimpan ganjalan. Kalau saya sih lebih enak jika semua permasalahan diutarakan dan dicari solusinya. 




Selain itu komunikasi juga bisa berupa bahasa sentuhan. Kalau dulu sebelum menikah dan memiliki anak sering bergandengan tangan, setelah ada anak ya tetap saja lakukan itu. Selain menjaga hubungan suami istri, juga memberikan anak pendidikan bagaimana bersikap pada pasangan. Kalau di rumah kami,  bergandeng tangan atau bermanja - manjaan, berpelukan dan mencium kening biasa kami lakukan. Jadi anak - anak juga melihat bagaimana orang tuanya saling memberi perhatian. 

2. Berikan hadiah
Entah ada suatu kejadian penting atau tidak, memberikan hadiah bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik untuk si pemberi atau yang diberikan. Lagi pula, saat sudah menikah tentunya pasangan adalah orang yang paling berhak untuk mendapatkan perhatian kita. Hadiah ini nggak selalu harus berupa barang ya. Misalnya memasak makanan kesukaan suami, memberikan note di tas kerja atau menjemput pasangan di kantor jika memang biasanya nggak pernah dijemput atau memberikan bunga tanpa ada alasan tertentu. 




3. Pergi berdua
Entah itu cuma ke minimarket bareng atau bahkan bisa ada jadwal rutin untuk nge date setiap bulan, pasangan suami istri perlu waktu berdua - duaan meski sebentar. Efeknya beda deh. Kalau kami sih tetap harus menitip anak - anak ke rumah mama meski belum bisa kalau sebulan sekali, tapi kami tetap berusaha mencari cara untuk bisa pergi berdua. Yang sering dilakukan kalau sudah menitipkan anak - anak biasanya ya nonton dan makan. Dua hal favorit kami.



 Olahraga berdua juga bisa banget jadi quality time antara suami istri. Sudah bisa berduaan dapat bonus sehat juga. InsyaAllah.

4. Belajar Agama
Poin ini seharusnya ada di poin pertama. Namun akhirnya saya taruh di poin ke empat karena menurut saya komunikasi adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Poin ke 2 dan 3 sebenarnya adalah perpanjangan dari komunikasi itu sendiri. Jadi bisa dikatakan belajar agama adalah poin ke dua. Mengapa perlu belajar agama? Saya baik suami atau istri bisa lebih memahami posisi masing - masing dalam keluarga dan lebih mengerti apa yang harus dilakukan. Idealnya sih kita dan suami sama - sama hadir ke majelis ilmu, namun kalau sulit untuk menghadiri kita juga bisa bersama - sama nonton kajian yang banyak bertebaran di YouTube. Dari mulai tentang kehidupan berumah tangga, mendidik anak, adab berperilaku pada keluarga dan lain sebagainya. Bahkan bisa dijadikan kegiatan keluarga rutin lho. Baru - baru ini kami sekeluarga menyaksikan kajian tentang kiamat dan membuka diskusi dengan abang Rafasya. Dari diskusi tersebut, baik saya atau suami juga Rafasya jadi sama - sama belajar lagi.

5. Rawat diri
Nah urusan merawat diri ini paling penting sih menurut saya. Merawat disini bisa berarti dari dalam dan juga dari luar. Merawat diri dari dalam bisa berupa mengasah kemampuan memasak, kemampuan mengaji atau skill lain yang sebelumnya kita belum mampu. Kalau merawat dari luar bisa berupa mempercantik diri. Ingat kan, bahwa sebaiknya wanita tampil cantik itu saat di rumah untuk suami, bukan saat keluar rumah. Yang suka nyalon, sok lah ke salon supaya suami makin sayang. Yang suka dandan, monggo berdandan hanya demi suami seorang. 

Karena saya kurang suka berdandan, maka saya merawat diri dengan menggunakan Skin Care dan berusaha selalu wangi saya ada suami. Namun tetap saja saya sedang berusaha bisa sedikit berdandan agar kalau ada acara yang perlu dihadiri bersama suami, saya bisa tampil sesuai. Selain itu saya juga menggunakan produk - produk untuk menjaga area kewanitaan saya. Apa yaa..

Namanya juga berumah tangga ya kan, tentunya area kewanitaan harus selalu dijaga. Karena jika nggak dijaga khawatir akan timbul gangguan seperti keputihan, berbau atau bahkan resiko terkena kanker serviks. Semoga ngga terjadi pada kita ya. Kalau saya sih menjaganya dengan cara rajin mengganti pakaian dalam, menggunakan panty liner jika perlu dan juga menggunakan Resik V saat mandi pagi dan sore. Saat ini saya sedang menggunakan Resik V Khasiat Manjakani Whitening. Botolnya yang berwarna putih dengan tutup fliptopnya top dan tulisan berwarna cokelat ini menghadirkan kesan bersih juga elegan.




Resik V Khasiat Manjakani Whitening ini mengandung ekstrak bengkoang yang mampu menjadikan kulit tanpa lebih cerah dan juga ekstrak Manjakani yang dipercaya memiliki khasiat mengencangkan otot kewanitaan selain juga dapat bertugas sebagai pembersih alami dalam mengurangi infeksi akibat jamur. Uwow, kece syekali ya kan. Kemasan yang saya gunakan berukuran 90ml, pas banget untuk dibawa jalan - jalan karena imut. Ditaruh di kamar mandi juga nggak kekecilan. 




Berbeda dengan Resik V Akar Wangi dan Resik V Daun Sirih yang sebelumnya saya gunakan, Resik V Khasiat Manjakani Whitening ini memiliki tekstur yang lebih kental. Jadi kalau pada 2 produk Resik V lainnya saya langsung membasuh ke area kewanitaan setelah dituang, untuk Resik V Khasiat Manjakani Whitening ini saya busakan dengan air sebelum dibasuh ke area kewanitaan. Setelah itu bilas kembali dengan air bersih. Wanginya enak dan nggak terlalu kuat. Sensasi yang saya dapatkan dari wanginya sih sa jadi merasa segar dan bersih. Entah sugesti atau tidak ya, tapi saya suka dan tentunya suami juga suka wanginya. Yang masih penasaran salahkan langsung ke toko terdekat dan bawa pulang Resik V Khasiat Manjakani Whitening ini. Kalau ingin Kepo lebih lanjut bisa juga ke 

www.arisanresik.com
IG : @arisanresik

Keharmonisan dalam rumah tangga wajib banget dijaga untuk saya. Yang harus menjaganya ya tentu saja suami dan istri. Kenapa harus dijaga? Karena yang namanya hubungan perlu selalu dipupuk sama seperti tanaman. Alasan lainnya adalah karena biasanya dua orang yang hidup bersama atas dasar pernikahan kemudian memiliki banyak urusan (urusan anak, urusan rumah dan urusan lain) , biasanya terjebak dalam ritme hubunga yang monoton. Kalau nggak dijaga bisa bahaya banget kaan. 




Semoga ikhtiar dengan ke lima cara di atas bisa menjaga saya dan suami dalam hal keharmonisan rumah tangga kami. Aamiin. Gimana dengan mentemen? Ada trik atau cara khusus yang dilakukan dengan suami kah untuk menjaga keharmonisan? 








October 21, 2018

Bermain dan Belajar di Museum Polri

Beberapa waktu yang lalu, kami sekeluarga main ke Museum Polri Jakarta. Museum yang terletak di kawasan Blok M ini cukup sering kami lewati. Namun belum juga kejadian untuk mampir dan main kesitu. Maklumlah mamak ini suka lupa karena kebanyakan yang dipikirin. Guayuaaaa.. Haha..


Setiap kali lewat di depan Museum Polri ini, abang Rafasya pasti minta mampir. Namun sayangnya kami selalu sedang ada keperluan atau kami lewat disaat Museum Polri ini sudah tutup. Akhirnya kami pun meniatkan untuk berkunjung kesana sebagai kegiatan pertama yang kami lakukan di wiken itu.

October 17, 2018

Menikmati Manfaat Air Jahe Untuk Kesehatan

Menikmati Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan

Bicara tentang kesehatan biasanya nggak lepas dari menjaga pola makan, pola istirahat dan juga rutinitas berolahraga. Ke 3 hal ini harus dijaga dengan baik agar kesehatan kita terjaga. Mau anda adalah seseorang yang bekerja di kantoran, bekerja dari rumah sampai ibu rumah tangga, semua harus menjaga jesehatan demi kelangsungan hidup. Ya kan?

Coba deh ingat - ingat lagi momen saat kita mengalami sakit. Duh, nggak enak banget kan. Jangankan sakit yang sampai demam dan harus dirawat di rumah sakit, sakit yang tergolong ringan seperti sariawan atau jari terpotong pisau saja sudah sukses membuat aktivitas kita sedikit terganggu. Apalagi pekerjaan saya sebagai ibu rumah tangga tanpa asisten membuat keadaan jadi sedikit merepotkan jika saya sedang kurang enak badan.

October 10, 2018

Permasalahan Rambut Rontok sampai Rambut Berkutu, InsyaAllah moz5 SalonMuslimah Punya Solusinya

Yang namanya perempuan, pastinya suka deh merawat diri. Ya kan? Entah sekedar melalukan ritual mandi dan menikmati setiap waktunya, luluran, creambath, pijat, manikur - pedikur atau hanya cuci blow saja. Semua perawatan tersebut selain bisa dilakukan di rumah juga akan terasa lebih nyaman jika dilakukan di salon.

Duh, jadi kangen nyalon saya. Maklumlah sejak punya anak bisa dihitung dengan jari banget kunjungan saya ke salon. Kunjungan ke salon yang saya lakukan pun biasanya hanya singkat saja dan untuk memotong rambut. Pengennya sih rutin ke salonnya demi me time yang berguna untuk menghadapi dunia buibu. Hahaha..



September 19, 2018

7 Peralatan Mandi yang Wajib Kamu Punya untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang melindungi tubuh kita harus dirawat dan dijaga agar tetap sehat. Di antara beberapa cara menjaga kulit agar tetap lembut, tidak gampang mengalami penuaan, tidak kasar, serta tidak kusam, adalah dengan melindunginya dari sinar matahari langsung. Terutama ketika sinar matahari sedang bersinar terik. 
Selain itu, biasakan diri untuk tidak merokok, perlakukanlah kulit dengan lembut, serta konsumsilah makanan yang sehat dan kelola stres dengan baik.
Membersihkan kulit secara teratur dengan cara mandi, adalah yang paling mudah untuk dilakukan sekaligus bisa memberikan banyak manfaat. Namun, tidak bukan mandi-mandi biasa, agar kulit tetap terjaga kesehatannya kita perlu merawatnya dengan beberapa peralatan berikut ini.


September 11, 2018

Mencicipi Skups Gelato

Sekitar 2 minggu yang lalu, kami memutuskan untuk makan siang di sekitar Cipete. Sepulang makan siang di Todz House, saat akan menuju ke mobil saya melihat ada toko Gelato. Tanpa pikir panjang saya pun mengajak suami dan anak - anak untuk mampir dan mencicipi gelato yang ada.


September 9, 2018

Mentemen masuk yang mana nih? #dijatah, #pegangsemua atau #pegangsisa ?

Apa sih ini kok judulnya ada pegang - pegangan segala? Shanty mentemen. Ini sedang membicarakan keuangan keluarga. Jadi bagaimana buibu? Kalian tim #dijatah, tim #pegangsisa atau tim #pegangsemua? Yang mana pun tim kalian, yang penting adalah pengeluaran rumah tangga nggak sampai lebih besar daripada pemasukan ya. Ya kan?


Ngobrolin soal keuagan rumah tangga, saya menemukan fakta tak terbantahkan. Tsah, lebay ya macam zoom In zoom out di sinetron lawas. :p Berdasarkan analisa kesoktahuan saya plus ngobrol - ngobrol sana - sini,  ada 3 tim dalam rumah tangga jika menyangkut urusan gaji. Ini bisa terjadi pada para istri yang bekerja atau istri yang menjadi Ibu Rumah Tangga. Ke 3 tim tersebut adalah

September 4, 2018

Ini Dia Solusi Packing untuk Travelling dari Wacoal

Mentemen biasanya kalau travelling ke suatu tempat yang belum pernah bagaimana reaksinya? Excited ya tentunya. Idem saya pun. Bahkan liburan ke tempat yang sudah pernah pun saya tetap excited. Padahal ya kalau untuk mamak - mamak seperti saya, liburan mah artinya pindah tidur plus nambah kerjaan doang. Haha.. 

Coba deh diurutkan kalau liburan itu kita para ibu harus mempersiapkan semuanya dari pakaian kita, pakaian anak - anak sampai pakaian suami. Belum lagi urusan diapers, obat - obatan juga cemilan anak plus ibunya. Segala macam perlengkapan mandi anak dan dewasa, alas kaki dan kaus kaki plus body grooming juga diangkut. Urusan pakaian diri sendiri saja kadang keder kalau sudah lebih dari 3 hari, tapi kita masih harus memikirkan mix and match untuk anak dan suami. Rempes kuadrat ya kann? 

Pakaian sendiri kan ada atasan, bawahan dan dalaman. Tambah banyak lagi kalau berjilbab, karena berarti ada dalaman jilbab, jilbab juga kaus kaki. Mix and matchnya rame deh tuh. 


September 1, 2018

#ApaJenisKulitBayimu Kawan?


8 Agustus 2018 yang lalu saya kembali belajar mengenai tipe kulit bayi. Sudah memiliki dua orang anak nggak membuat saya menjadi seorang ibu yang paling mengetahui bagaimana cara merawat dan membesarkan anak. Buktinya dalam berbagai acara blogger atau event lain yang saya ikuti, Alhamdulillah saya menemukan ilmu baru. 


August 29, 2018

Nursing Room Pejaten Village

Sejak jadi busui tentunya yang saya perhatikan kalau mlipir ke Mall adalah ruang menyusui dan ganti diapers. Sebetulnya kalau menyusui sih bisa dimana saja ya, tinggal pakai apron atau kalau saya biasanya tinggal umpetin Arsel di balik jilbab trus nenen deh bayinya. Seringnya kami skalian mampir ke toko es krim, minuman bubble atau cemilan lain yang ada kursinya. Tapi lebih enak memang menyusui di nursery room. Karena biasanya nursery room menyediakan sofa yang nyaman bin empuk. Atau kalau nggak ada sofa biasanya ada kursi dengan sandaran. Lumayan banget kan ya.

Nah ngomongin ruang menyusui, mall yang satu ini oke banget deh. Sejak jaman Rafasya bayi ruang menyusuinya pernah mendapatkan predikat ruang menyusui terbaik. Mampir ke postingan yang ini ya untuk tahu penampakan yang dulu. Beberapa bulan yang lalu, Mall ini kembali merenovasi nursery Roomnya menjadi lebih kece. Mall yang saya maksud adalah Pejaten Village. Lihat saja sendiri kalau nggak percaya.

August 20, 2018

Macam - Macam Alas Kaki Wanita, Kamu Punya yang Mana?

Holaa..

Kali ini ngobrolin alas kaki yuks. Jujur saja nih ya, makin kesini pilihan alas kaki yang saya gunakan makin sporty. Sekarang alas kaki saya nggak sebanyak dulu. Model dan tipenya pun cenderung yang aman. Aman bagaimana maksudnya? Aman untuk dipakai mengejar toddler atau aman untuk mengimbangi langkah kaki si abang yang hobi lompat sana – sini dan jalan agak cepat. Hihi
Alas kaki apalagi untuk kaum hawa ini memang beragam sekali ya bentuk juga warnanya. Terkadang kalau melewati bagian alas kaki saat mlipir sejenak ke departemen store saya suka takjub. Banyak syekali pilihannya. Tapi terkadang kami kaum wanita ini tetap tidak menemukan yang cocok meski sudah diberikan pilihan ratusan alas kaki. Padahal semua sudah dipajang, dari mulai sandal model terbaru sampai ​high heels terbaru.​ ​Yaaa.. Namanya juga wanita. Betul nggak?

Dari pengamatan saya, ada beberapa jenis alas kaki yang mudah ditemukan di pasaran. Antara lain

1. Flat Shoes




August 12, 2018

Orang Tua Cerdas untuk Anak Indonesia yang Cerdas

Setiap orang tua tentunya menginginkan anak yang dibesarkannya menjadi anak yang cerdas. Ngomong - ngomong soal cerdas, sudah pada tahu belum maksud dari kata anak cerdas itu? Apa sih anak yang cerdas itu? Saya punya bocoran definisi cerdas nih mentemen. Jadi ada beberapa kriteria untuk menjadi anak cerdas. Anak cerdas adalah anak yang sehat, berani, kreatif dan juga peduli. Wah pasti semua orang tua ingin ya anaknya memenuhi semua hal tersebut. Tapiiiii, pertanyaannya sudahkah kita menjadi orang tua cerdas ? Karena sejatinya orang tua yang cerdaskan yang nantinya akan melahirkan dan mencetak anak - anak yang juga cerdas. Ya nggak sih? 

Saya tahu, menjadi orang tua memang bukan pekerjaan yang mudah. Tapi bukan berarti kita tak bisa membekali diri. Bahkan sebaiknya semua bekal terbaik kita persiapkan sejak memilih calon pendamping hidup lho. Hihi.. Kenapa begitu? Karena bekal yang kita persiapkan ini nantinya akan membantu kita dalam mencetak anak - anak yang cerdas. Bekal seperti apa sih yang diperlukan untuk membentuk anak yang cerdas? Yuk kita bahas satu per satu sesuai dengan kriteria yang diperlukan untuk menjadi anak cerdas.

Bekal untuk membentuk anak yang berani

Keberanian merupakan sesuatu yang membutuhkan proses untuk membentuknya. Sebagai orang tua kita perlu melatih anak untuk menjadi berani. Bagaimana caranya?  Dengan membiarkan anak memilih, kita akan melatih anak untuk berani mengambil resiko juga berani mengambil keputusan. Kita juga sebaiknya mengajarkan anak untuk berani mencoba apapun dan berani menerima jika mengalami hal yang mengecewakan. 






August 7, 2018

Liburan Edukatif : Napak Tilas Peristiwa Tsunami Aceh


Bencana Tsunami di Aceh tahun 2004 silam merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang tidak akan bisa dilupakan. Bahkan hingga saat ini setiap tanggal 26 Desember, masyarakat Aceh masih memperingati bencana yang telah merenggut ratusan ribu nyawa tersebut dengan doa dan zikir bersama.
Meskipun begitu bukan berarti masyarakat Banda Aceh masih terpuruk dengan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Untuk membangkitkan semangat dan perekonomian masyarakat, pemerintah setempat memugar dan membangun beberapa lokasi yang dianggap menyimpan banyak sejarah tentang bencana gempa bumi dan tsunami tahun 2004. 
Nah, jika saat musim liburan nanti Anda berencana berlibur bersama buah hati, tidak ada salahnya untuk mengajak mereka menapaktilasi sejarah bencana gempa dan tsunami di Aceh. Untuk berlibur ke Provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatera tersebut, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti tiket pesawat dan penginapan. 
Agar mempermudah proses pemesanan atau booking, Anda bisa melakukan transaksi melalui situs agen travel tepercaya seperti Airy. Selain melayani pemesanan penginapan dengan fasilitas yang lengkap, website ini juga melayani booking tiket pesawat untuk berbagai rute di Indonesia, termasuk Aceh



August 6, 2018

Memahami Bahaya Kanker Serviks Lewat Felancy Blogger Gathering


Mungkin kita sudah sering mendengar tentang terjadinya kanker ini pada kerabat atau bahkan publik figur. Kanker Serviks ini merupakan kanker yang menjangkiti organ dalam wanita, dalam hal ini organ tersebut adalah leher rahim. Leher rahim merupakan gerbang untuk menuju rahim dari vagina. Saat melakukan vaksin serviks sesaat setelah Rafasya hadir, saya belum merasa takut yang teramat dengan kanker yang menduduki peringkat kedua sebagai pembunuh wanita di Indonesia ini. 




Namun perasaan yang berbeda langsung menyelimuti diri saya saat menghadiri Felancy Blogger Gathering akhir Juli kemarin. Informasi yang diberikan oleh dr. Ferry Darmawan, SpOG dari RSIA Budhi Jaya dan juga Ibu Endang dari CISC (Cancer Information and Support Center) sebagai penderita benar - benar merubah pikiran saya tentang kanker ini. Seketika saya langsung merasa takut dan bertekad ingin meneruskan informasi ini pada banyak orang khususnya teman - teman wanita. Mengapa bisa seperti itu? 


#1000HariPerlindungan Kulit Bayi dari Iritasi demi Masa Depan YangLebih Baik

Masa - masa saat mengetahui bahwa saya sedang mengandung lalu melahirkan dan melihat kedua jagoan saya untuk yang pertama kali merupakan masa yang nggak mungkin bisa saya lupakan. Perasaan bahagia juga terharu langsung membuncah saat pertama kali bertemu Rafasya juga Arsel. Duh, jadi ingat bagaimana rasanya perut diobok - obok saat dokter kandungan mengeluarkan mereka. Setelah perasaan bahagia bin terharu yang sukses membuat mamak langsung meler, perasaan apa lagi yang muncul? Perasaan ingin melindungi. Ya. Saking kuatnya perasaan ingin melindungi ini, saya bahkan langsung meminta suami untuk keluar dari ruangan operasi dan mengikuti si bayi hanya karena saya nggak ingin bayi saya tertukar. Padahal kan bayi kita langsung dipakaikan gelang yang menyebutkan nama orangtuanya sesaat setelah lahir ya? Haha. Ya namanya juga jadi mamak - mamak kan. Bawaannya memang ingin melindungi si anak terus. 

Perlindungan Saat Hamil

Perasaan ingin melindungi si kecil ini, sejatinya akan otomatis muncul sejak bayi kita masih di dalam kandungan. Saat hamil, kita sering mengusap perut dan refleks memegang perut jika naik kendaraan yang sedikit berguncang. Perlakuan seperti itu merupakan insting seorang ibu yang ingin melindungi buah hatinya, bahkan sebelum lahir. Selain perlindungan lewat perlakuan pada janin, ibu juga sebaiknya memberikan perlindungan dari dalam. 

Mentemen pasti sudah dengar ya dengan yang namanya 1000 hari pertama kehidupan. Nah 1000 hari pertama ini dihitung sejak kita sudah dinyatakan hamil. Yup. Jadi bukan saat bayi lahir. Asupan yang bergizi demi masa depan bayi itu sudah harus kita berikan sejak ia masih dalam kandungan dan dilanjutkan sampai si kecil berusia 2 tahun (1000 hari pertama kehidupan) sampai ia besar. 

Saat hamil tentunya kita sebagai ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan bernutrisi baik demi asupan yang terbaik untuk janin. Ibu hamil juga biasanya diberikan vitamin oleh dokter kandungan. Semua itu tentunya untuk memastikan si kecil tumbuh sehat dan kuat di dalam rahim kita. 

August 2, 2018

ANTAM Luncurkan Desain Emas dan Kemasan Baru

Ide untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan alias logam mulia sudah lumayan lama menjadi topik di antara saya dan suami. Tentunya ide berinvestasi ini demi keuangan yang lebih baik bagi kami sekeluarga ya kan? Tapi ya gitu deh. Kami masih maju mundur dan masih menimbang - nimbang untuk membelinya. Rasanya masih galau aja gitu untuk menabung dalam bentuk emas. Namun saat saya menghadiri undangan makan malam dalam rangka #GoldReinventing dan juga memperingati 50 Tahun PT ANTAM, ide tersebut akhirnya berubah menjadi aksi nyata. 






July 9, 2018

Singapore Day 1 - 30 Agustus 2017 ( 5 Hari 4 Malam Bersama Bayi danRombongan )

Sekitar pukul 9. 30 kami sudah sampai di bandara Soekarno Hatta. Maskapai yang akan membawa kami ke negara Singa adalah Jet Star. Cukup excited juga saya karena belum pernah naik maskapai ini. Seringnya sih naik maskapai merah dengan singkatan dua huruf vokal yang sama. Haha..


Setelah proses cek in dan melewati imigrasi, pukul 10.45 kami sudah bisa masuk ke dalam ruang tunggu. Namun ternyata ada mini playground. Karena board ini timenya masih lumayan lama jadi Rafasya main dulu di playground. Sementara saya menggendong Arsel yang memang sedang jadwalnya tidur pagi. Karena agak mengantuk, saya dan suami pun ngopi sejenak sambil menunggu abang Rafasya main. 


July 4, 2018

Apa yang Saya Lakukan Saat Payudara Terasa Bengkak dan Nyeri ?

Another postponed story yang baru sempat dipublish sekarang

Buat buibu yang menyusui, payudara yang bengkak tentunya sering terjadi. Terkadang saat produksi ASI sudah banyak dan bayi belum menyusu, payudara ibu akan terasa penuh dan bengkak. Kalau saya sih solusinya dipompa. Beberapa kali saat Arsel baru lahir saya sempat mengalami payudara yang bengkak karena supply ASI yang meningkat. Jika sudah terasa penuh dan Arsel belum mau menyusu, saya akan langsung memompanya. Makanya di awal - awal bulan kehadiran Arsel, saya sempat memiliki stok ASIP satu freezer kulkas di rumah. Namun karena saya sebagian besar menghabiskan waktu di rumah, akhirnya Arsel pun menyusu langsung dan ASIP sya pun berakhir di kitchen sink. 

Setelah episode payudara penuh dan bengkak sampai harus dipompa di awal kelahiran Arsel, sejak Arsel berusia 7 bulan saya sudah tidak pernah mengalaminya lagi. Breast pump saya pun ngetem di lemari bersama stok diapers. Sekarang payudara saya akan terasa penuh saat menjelang waktunya Arsel menyusu, sekitar 2 jam kurang lebih. 


July 1, 2018

Itinerary 5 Hari 4 Malam Jalan - Jalan ke Singapura Bersama Bayi danKakek Nenek

Holaaaa...
Duh ini cerita udah lama bener. Mmm.. Lebih tepatnya ini cerita tentang perjalanan akhir Agustus sampai awal September 2017. Maklumlah ya, buibu macam awak ini susye bener kalau urusan nulis acara jalan - jalan. Pengennya kan nulisnya rapih dan semua lokasi yang didatangi tertuang di tulisan itu. Tapi apa daya waktu menulis pun terbagi dengan endebra endebre urusan rumah dan lain sebagainya pas pulang dari jalan - jalan. Iya apa iya buibu? Hihi..


June 30, 2018

Serunya Main di Shoot Archery Gandaria City


Bagaimana buibu pakbapak, mulai galau kan anaknya yang pada liburan mau diajak berkegiatan apalagi? Kali ini daku mau bercerita tentang pengalaman aktivitas memanah yang diikuti oleh abang Rafasya di Gandaria City. 

Bulan puasa kemarin saat wiken tiba kami sempat berkunjung ke Gandaria City. Saat selesai melipir sejenak ke toko mainan di lantai paling atas untuk melihat - lihat mainan ( yess lihat - lihat saja tanpa beli haha) kami melihat tempat untuk berlatih memanah ini. Namanya Shoot Archery Zone. Karena abang Rafasya memang memilih ekskul memanah di sekolah, ia pun langsung excited untuk ikutan.



Saat kami ke kasir untuk memesan ternyata mbaknya bilang minimal untuk ikut bermain adalah 7 tahun kalau tidak salah. Jadi sebenarnya abang Rafa belum bisa ikutan. Namun karena kami beritahu bahwa di sekolah ia sudah ikutan ekskul memanah mbaknya mengajak Rafasya untuk mencoba memegang busur yang ada. Ternyata saat busurnya dicoba ditarik, abang Rafa mengakui ini lebih berat dan lebih besar dari yang dipakai di ekskul sekolah. Setelah dilihat postur dan kekuatan lengan Rafasya, mbaknya bilang bahwa Rafasya sudah bisa ikutan. Karena busurnya ini lumayan berat lho mentemen dan tingginya sama seperti Rafasya. Haha.. Saya salut dengan keprofesionalan pegawai Shoot Archery Zone ini. Jadi tujuan mereka bukan cuma banyaknya pengunjung yang bermain juga keamanan bagi pengunjung untuk bermain dan menikmati permainan. Hebat. 





Setelah melihat pilihan paket permainan, abang Rafasya setuju untuk memilih paket yang 15  anak panah. Jika sudah melakukan proses pembayaran, kita akan beralih ke meja Disampingnya kasir untuk mengenakan pelindung lengan dan pelindung jari. Setelah semua terpasang dengan baik kita bisa lanjut ke lintasan permainan. Lintasan dewasa dan anak - anak memiliki perbedaan. Jarak untuk anak lebih pendek daripada dewasa dengan hanya 1 target lingkaran besar sementara dewasa memiliki 4 target lingkaran kecil. Ada 4 tempat untuk anak dan 10 tempat untuk dewasa seingat saya. 





Sebelum bermain ada pegawai yang menghampiri Rafasya dan mengajari cara menarik busur, memasang anak panah, postur saat melepas anak panah sampai mengingatkan untuk memicingkan mata. Meski sudah ikut ekskul di sekolah, abang Rafasya tetap perlu diberikan brief seperti ini karena busur yang berbeda tinggi dan beratnya juga anak panah yang berbeda. 



Sambil menunggu abang Rafasya latihan, kita bisa ngemil di Shoot's Cafe yang menjual beberapa makanan ringan sampai berat dengan harga wajar. Senang sekali saat melihat harganya yang normal. Jadi cocok ya kan untuk menunggu anak bermain. Kemarin saya sih nggak sempat icip - icip disitu karena kan hanya 15 anak panah ya. 



Sebenarnya kemarin ayahnya juga ingin ikutan mencoba memanah, namun karena kami nggak ingin lama - lama di mol saat puasa jadi belum terlaksana. Niatnya sih kami ingin balik lagi karena saya juga ingin mencoba. Buat mentemen yang bingung anak - anaknya mau diberi kegiatan apa, mungkin bisa mencoba memanah di Shoot Archery Zone Gandaria City. Setahu saya sih ini tampaknya area memanah pertama yang ada di mol ya. Atau ada yang tahu tempat memanah lain yang model begini, mau dong infonya supaya lebih banyak pilihan. 




June 28, 2018

Perpanjang SIM di Mall Alam Sutera

Mau cerita tentang perpanjangan SIM nih mentemen. Jadi beberapa bulan yang lalu SIM saya ternyata habis. Dari hasil browsing sekarang perpanjang SIM itu bisa dimana saja seperti di beberapa mall. Tadinya sempat kepikiran buat mlipir ke Gancit yang masih di Jakarta Selatan aja biar nggak jauh, tapi hasil browsing dan pengalaman adik saya menunjukkan bahwa di Gancit itu ramai. Jadi saya langsung pilih Mall lain yaitu Mall Alam Sutera. Jauh yes? Memang. Tapi kabarnya nggak terlalu ramai.



June 26, 2018

Lakukan 4 Hal ini Untuk Mencegah Diare

Untuk saya, dan mungkin sebagian ibu - ibu lainnya, diare atau masalah gangguan pencernaan pada anak merupakan hal paling saya usahakan untuk dihindari. Kenapa? Karena kalau anak sudah diare itu cepat banget Berat Badannya merosot. Huhuhu. Padahal kan usia toddler khususnya, menaikkan BB anak itu nggak semudah menaikkan BB emaknya. Ya kan..

Makanya saya selalu berusaha mengajarkan anak - anak saya untuk menghindari diare dengan cara

1. Makan makanan sehat
Sehat yang saya maksud disini adalah yang komposisinya seimbang dari karbohidrat, lemak, serat dan  proteinnya. Kami di rumah sudah terbias sarapan dengan buah atau overnite oat. Untuk makan siang dan makan malam hampir sebagian besar selalu ada sayuran pada menu kami. Alhamdulillah anak - anak juga bukan tipe yang sulit makan sayur. Mungkin karena terbiasa atau karena dicontohkan oleh orang tuanya.

2. Cuci tangan
Setiap sehabis bepergian, baru masuk ke dalam rumah atau sehabis bermain di playground saya selalu mencontohkan pada anak - anak untuk mencuci tangan. Kebiasaan mencuci tangan adalah kebiasaan yang baik untuk dilakukan dan efektif untuk mencegah diare. 

3. Menutup mulut saat batuk atau bersin
Kebiasaan untuk menutup mulut dengan tisu atau saputangan juga merupakan kebiasaan yang kami ajarkan di rumah. Karena dengan terbiasa menutup mulut kita bisa mencegah penularan virus batuk pilek tadi. Mentemen tahu nggak sih kalau saat kita batuk atau bersin tapi sedang nggak ada tisu di sekitar kita, kita bisa menutup mulut dengan lengan baju. Jadi tutupi saja mulut dengan lengan yang terbungkus baju. Abang Rafasya sih masih suka lupa untuk menutup dengan lengan baju, namun insyaAllah kebiasaan menutupnya sudah dilakukan meski dengan tangan. Pernyataan ya harus langsung cuci tangan atau dilap dengan tisu basah.


June 13, 2018

Sentuhan Cinta, Cara Memijat dari Johnson’s untuk Bayi Indonesia

Buibu pernah nggak sih merasa galau urusan pijat memijat saat buah hati kita baru saja lahir ke dunia? Pijat memijat yang saya maksud adalah pijat memijat si bayi ya. Kalau pijat memijat ibunya sih urusan lain lagi, hihihi. Namanya juga bayi baru lahir ya kan, apalagi anak pertama, kita sebagai ibu masih grogi saat memegang si buah hati. Coba deh ingat - ingat saat pertama memandikan buah hati kita, khususnya anak pertama. Pasti ada rasa takut kan ? Takut kekencangan megangnya bahkan takut merosot saat sedang menyabuni bayi merah ini. 

Begitu juga urusan pijat. Kayaknya ngeri banget gitu membayangkan bayi merah untuk dipijat. Padahal nih ya buibu, memijat bayi itu merupakan bentuk keintiman yang paling dahsyat antara ibu dan bayinya. Memijat si bayi juga sangat penting untuk pertumbuhan si bayi itu sendiri. Karena dengan memijat, kita bisa merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang merupakan kunci pertumbuhan, komunikasi dan pembelajaran. Kalau sudah mengetahui bahwa pijat bayi ternyata sangat penting, yuk kita belajar memijat bayi sendiri.


June 11, 2018

Tips Menghindari Sariawan Saat Berpuasa


Puasaaa...
Alhamdulillah ya mentemen kita bisa menikmati lagi berjumpa dengan bulan yang penuh berkah ini. Puasa selalu menghadirkan suasana yang berbeda dibandingkan bulan lainnya. Ya makanannya, euforia di pusat perbelanjaan, ramainya acara bukber di handphone yang belum jelas terlaksana atau tidak (:p) dan tentunya semangat beribadah umat muslim baik di masjid maupun di rumah. Percaya nggak sih, yang kangen akan bulan puasa ini bukan cuma umat muslim tapi juga mentemen non muslim. Dari obrolan saya bersama mentemen non muslim, rata - rara mereka kangen dengan euforia jualan makanan berbuka plus acara bukber yang sekaligus merupakan ajang reuni. MasyaAllah ya. Mungkin ini ya yang dinamakan Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin, artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia.



Selain segala keriaan yang hadir pada bulan puasa, ada juga nih yang biasanya hadir saat puasa seperti ini. Nggak lain nggak bukan adalah sariawan, panas dalam, sakit menelan dan teman - temannya. Nyadar nggak sih kalau sariawan and the gank ini sering hadir saat bulan puasa. Mungkin karena asupan cairan dan serat yang kurang plus kebiasaan berbuka dengan makanan berminyak ya? Hayoo siapa yang suka berbuka dengan gorengan atau sahur dengan menu dari rumah makan padang dan beralasan supaya selera makan? Eh itu sih saya aja kali yaaa. Haha.. Tapi bener deh, sedang berpuasa dan sariawan itu merupakan hari yang berat menurut saya.


June 10, 2018

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Jual Bendera InggrisSecaraOnline

Di era moderen ini kemajuan teknologi semakin berkembang pesat, sebagian aktifitas manusia bahkan dapat dilakukan semakin mudah hanya dengan menggunakan perangkat smartphone saja. Hal ini juga berpengaruh pada para pelaku bisnis yang memilih menjalankan bisnis secara online karena dinilai memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan membuka toko secara konvensional. Salah satu bisnis online yang belakangan ini banyak dibicarakan oleh sebagian orang adalah jual bendera Inggris. Bendera kebangsaan yang satu ini memiliki arti tersendiri untuk para penggemar negara tersebut sehingga dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk menjadikan peluang usaha.


June 4, 2018

Perbaiki Kualitas Udara agar Si Kecil Bebas dari Batuk Pilek

Hola buibu sejagad maya. 


Pastinya momen anak sakit adalah momen yang membuat para ibu di manapun akan patah hati. Semakin kecil si anak, semakin patah hati lah si ibu. Karena anak yang masih kecil, seperti bayi misalnya, belum mengerti apa yang harus dilakukan jika sakit. Mereka juga belum bisa bicara dan memberi tahu kita ibunya, tentang apa yang mereka rasakan. Yang mereka para bayi lakukan jika sedang sakit biasanya hanya menangis dan menjadi rewel. Jika anak sudah memasuki usia toddler, anak sudah mulai belajar bicara. Jadi biasanya sudah bisa memberi tahu saat ada bagian dari tubuh mereka yang sakit. Tapi rasanya sampai anak sudah besar pun, para ibu akan selalu sedih dan patah hati ya kalau anaknya sakit.

Bicara tentang penyakit, batuk dan pilek adalah salah dua penyakit yang sering diderita oleh anak sedari bayi. Sebenarnya batuk pilek merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan penyakit dan mengamankan saluran pernapasan. Penyebabnya bisa banyak hal, belum kuatnya kekebalan tubuh anak, adanya infeksi virus pada hidung atau tenggorokan sampai pada kurang baiknya kualitas udara yang dihirup oleh anak. 

Kalau bicara tentang kekebalan tubuh anak, hal ini akan terus meningkat seiring dengan usia anak. Infeksi pada virus bisa terjadi karena anak biasanya tidak rajin menutup mulut jika batuk atau bersin, situasi ini menyebabkan anak kita mudah tertular oleh anak lain yang sedang batuk pilek. Oleh karena itu pemahaman bagaimana bersikap saat batuk atau bersin dan kebiasaan mencuci tangan seharusnya bisa membuat virus batuk pilek tidak mudah menyebar. Di antara penyebab yang saya sebutkan di atas, enjaga kualitas udara yang dihirup anak adalah salah satu yang bisa kita kontrol.

May 28, 2018

Rafasya Lupa Bunda

Halo mentemeenn...
Bagaimana puasanya? InsyaAllah lancar yaa. 
Adakah mentemen yang punya anak seusia Rafasya disini? Sekitar 6,5 tahun dan sedang belajar puasa atau malah sudah puasa full? Tentunya banyak cerita lucu ya yang terjadi saat anak kita berpuasa. Saya mau berbagi cerita nih tentang puasa Rafasya di hari kedua.

Ceritanya Rafasya sudah sahur, kemudian sehabis berjamaah Subuh di masjid ia tidur lagi. Sekitar jam 8.30 Arsel bangun disusul Rafasya. Setelah mandi, saya memberikan Arsel apel potong sebagai sarapan kemudian mereka bermain mobil - mobilan di meja makan. Saat mereka mandi, tiba giliran saya untuk mandi setelah beberes rumah dan menyiapkan cemilan untuk Arsel berupa brokoli goreng tepung. Gerah ya kaann, abis nyali ngeyel plus goreng - goreng.

Saat keluar kamar mandi saya masih mendengar mereka bermain di meja makan. Saat menjemur handuk Rafasya menghampiri saya.

Rafasya : Bunda udah selesai mandi?
Saya : Sudah, kenapa Bang? Eh itu Arsel sudah habis ya Bang makan brokolinya ? (Saya memberikan 6 kuntum sedang di mangkuk sebelum saya mandi)
R : Udah Bunda, tapi cuma 4. 
B : Oh Yaudh gpp, ntar juga dimakan lagi sama Arsel
R : sambil jalan ke meja makan lagi, Udah abis semua brokolinya Bunda
B : Lho gimana kok bisa habis?
R : Iya sisanya Rafa makan.
B : Hah? Abang kan puasa, kok makan?
R : Eh iya Bunda, Rafa lupa. Sambil mimik mukanya kaget
B : haha.. Yaudah kalo lupa nggak papa, rejeki abang Rafa. 
R : Yaudh sekarang Rafa minum dulu ya Bunda, habis itu puasa lagi.
B : saya pun cuma bisa tertawa

Ada yang begini juga buibuuu? Karena baru awal puasa jadi abang Rafa lupa nih kalau nggak boleh makan minum. Tapi hari - hari setelahnya Alhamdulillah sudah ingat dan berpuasa, meski dengan drama yang lain. Haha..


May 23, 2018

Ternyata ada Banyak Kuman Bersarang pada Benda - Benda Bayi yang ini loh Moms..

Sebelum anak - anak hadir dalam kehidupan kami, saya sudah mengenal tisu basah. Namun perkenalan saya dengan tisu basah belum terlalu akrab. Saat Rafasya hadir merupakan momen yang menyebabkan hubungan saya dan tisu basah menjadi super akrab. Namanya juga buibu dengan anak pertama ya kan. Rasanya apa - apa inginnya yang nomer 1 untuk si anak. Pakaian harus yang paling lembut dan aman, mainan juga yang aman, diapers juga yang terbaik ah pokoknya semua harus yang paling oke. Keinginan yang sama pun berulang saat Arsel hadir.




Hal ini berlaku pula pada pemilihan tisu basah, tentunya saya menggunakan tisu basah terbaik yang saya tahu. Tisu basah yang saya kenal baik inilah yang mengundang saya untuk menghadiri Blogger Gathering kemarin siang. Blogger Gathering yang ternyata menambah informasi tentang banyaknya bakteri yang ada di sekitar kita, bagi buibu beranak dua seperti saya ini. Informasi yang diberikan langsung oleh dr. Herbowo A.F Soetomenggolo SP.A(K) dan Ibu Sabrina Purba sebagai Brand Manager dari tisu basah kesayangan saya, Mitu Baby dengan MC yang bisa banget menghidupkan suasana, mbak Ankatama.


May 19, 2018

Mengajak Anak Mencintai Buah Sejak Dini


Pepaya 
Mangga
Pisang 
Jambu

Dibeli dari Pasar Minggu
Disana banyak penjualnya
Disini banyak pembelinya

Hayooo siapa yang ikutan nyanyi pas baca tulisan diatas? Ketahuan deh angkatannya. Hihi. Tapi memang ya, dulu lagu ini hits banget di kalangan buibu untuk memperkenalkan anak - anak pada buah - buahan. Jadi selain dihidangkan langsung, anak - anak juga dikenalkan melalui lagu. Kalau sekarang lagu anak - anak yang oke apa yaa...

Well, kembali ke buah - buahan, adakah buibu disini yang doyan dengan buah? Alhamdulillah keluarga saya termasuk pecinta buah. Baik dimakan langsung, dalam bentuk rujak atau jus, kami suka semua. Bahkan menu MPASI anak - anak saya diawali dari buah. Karena seperti saran dari para dokter anak juga beberapa sumber yang saya baca, bayi cenderung akan menyukai rasa manis alami yang berasal dari buah. Oleh karena itu saya mengawali petualangan makan anak - anak saya dengan buah. 

Bentuk buah yang diberikan pada anak kita, entah sebagai menu MPASI di awal atau pun cemilan juga harus diperhatikan teksturnya. Dr. dr. Conny Tanjung Sp. A (K) menyampaikan tentang pentingnya pemberian makan pada anak sesuai dengan usianya. Kenapa penting? Karena kemampuan anak mengunyah makanan dengan tekstur yang tepat akan berpengaruh pada pertumbuhan gigi juga kemampuan mengunyah anak plus kemampuan berbicara. Wow, sungguh super kan? Coba lihat penjelasan berikut ini ya buibu.


May 15, 2018

Tips Belanja Online Saat Ramadan

Nggak kerasa ya sebentar lagi sudah masuk bulan Ramadan. Pasti buibu sudah pada nyetok makanan nih ya di kulkas. Saya sendiri sudah belanja lauk pauk nih. Supaya nggak ribet masak - masak dari awal. Saat bangun sahur tinggal menggoreng ayam atau ikan yang sudah dibumbui dan menumis sayuran yang sudah disiapkan malam sebelum tidur. Ramadan ekstra nih judulnya, ekstra persiapan supaya nggak terlalu ribet di waktu sahur.

Seperti biasanya, selain belanja kebutuhan makanan atau cemilan secara  langsung saya juga sering belanja online. Entah itu makanan, pakaian atau barang lain. Meski kebanyakan sih makanan. Maklum saya memang buibu yang doyan ngemil. Haha.. Tapi saat bulan Ramadan saya termasuk orang yang malas keluar rumah. Karena biasanya Mall jadi ramai dan jalanan macet. Kalau sudah begini saya memilih belanja online saja. 




May 14, 2018

Penuhi 3 Syarat Ini untuk Menghadirkan Spa Bayi di Rumah

Jadi bayi jaman sekarang itu enak banget ya. Banyak aktivitas bayi yang bisa dilakukan di luar rumah. Karena memang ada banyak tempat yang memungkinkan untuk melakukan aktivitas bayi tersebut. Misalnya saja Baby gym atau Baby spa. Banyak kan tempat yang ada di sekitar rumah kita untuk melakukan Baby gym atau Baby spa. Rafasya dan Arsel dikala bayi juga sempat mencicipi enaknya Baby spa di beberapa tempat. Tapi nggak sering, alasannya apalagi kalau bukan karena harganya yang lumayan. Hihi.. Selain itu kendala lain juga kadang hadir, seperti misalnya tempat Baby spa nya penuh di hari dan jam yang kita inginkan atau, yang paling sering terjadi, bayinya baru tidur di jam yang kita pilih. Kan mamak jadi galau ya. Mau dibangunin nanti si bayi rewel karena belum puas tidur, tapi nggak dibangunin berarti harus bikin janji lain waktu. 

Sebenarnya aktivitas yang dilakukan di Baby spa itu terdiri dari berenang dan dipijat. Aktivitas yang sebenarnya bisa banget lho dilakukan di rumah. Modalnya hanya kolam kecil dan kemampuan memijat. Dengan kedua modal utama ini, mamak bisa menghemat ratusan ribu. Kebayang kan kalau punya bayi dan toddler yang juga pengen ikutan berendam saat lihat adiknya yang bayi Baby spa. Dobel deh kerusakan dompet bapak. Haha..